Ingat Empat Komponen Non Mesin Sebelum Touring

tips touring non mesin

Empat elemen kendaraan non mesin yang harus prima adalah kondisi oli mobil, kondisi kampas rem, kondisi bahan bakar dan kondisi ban. (Foto:  Hankook Tire Indonesia for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Pecinta kegiatan touring kendaraan roda empat wajib mengingat empat elemen kendaraan selain mesin yang harus dalam kondisi prima.

Empat elemen kendaraan non mesin yang harus prima adalah kondisi oli mobil, kondisi kampas rem, kondisi bahan bakar dan kondisi ban.

Touring bisa dikatakan adalah perjalanan lintas daerah secara berkelompok menggunakan kendaraan, salah satunya kendaraan roda empat.

Dalam perjalanan, tak jarang pengendara melewati jalan rusak dan kemacetan lalu lintas.

Oleh sebab itu, kondisi kendaraan yang prima sangat dibutuhkan agar perjalanan tetap menyenangkan dan menghindari masalah di jalan.

Oli Mobil

Periksa oli mobil secara rutin. Demikian tegas Apriyanto Yuwono, National Sales Manager PCR (Passenger Car Radial) PT. Hankook Tire Sales Indonesia.

Oli merupakan pelumas mobil yang harus diperhatikan dan diganti secara rutin.

Bagi kendaraan yang berusia lebih dari 10 tahun, sebaiknya mengganti oli setiap 3 bulan sekali atau setelah menempuh jarak 10.000 kilometer. Bagi mobil baru, dapat mengganti oli setiap 6 bulan sekali.

"Perawatan mobil tidak cukup hanya mengandalkan waktu servis ke bengkel. Pemilik mobil juga harus paham cara memelihara kendaraannya secara mandiri. Mislanya cek oli,’ ujar Apri.

Kampas Rem

Pengendara wajib mengecek kampas rem. Rata-rata kampas rem hanya bisa menempuh jarak hingga 35.000 sampai 40.000 kilometer.


Untuk kendaraan manual, usia pemakaiannya lebih lama sampai 70.000 kilometer. Setelah melewati batas tempuh tersebut, biasanya kampas rem sudah mulai aus.

Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrikan bertujuan untuk memperpanjang usia pemakaian dan meningkatkan performa kendaraan.  

Anjuran tersebut biasanya berupa Research Octane Number (RON) suatu bahan bakar.

Kondisi Ban

Ban merupakan komponen terpenting karena berfungsi menyangga beban kendaraan, memberi dorongan, meredam getaran dari permukaan jalan, hingga optimalisasi pengereman.

Pemilihan ban harus sesuai dengan kebutuhan agar menunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara saat touring.

Spooring dan balancing penting dilakukan agar dalam perjalanan jauh tetap nyaman. Selain itu, keseimbangan kondisi ban terkait erat dengan optimalisasi pengereman.(#)

John