Empat Menteri Minum Air Sumber Brantas: Airnya Segar

empat menteri minum air brantas

Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Moch Basoeki Hadimoeljono meminum air langsung dari mata air sumber Brantas diikuti menteri lainnya. (Foto: Muklas for BATUKITA)

BATUKITA-Kota Batu - Empat menteri merasakan kesegaran air arboretum dengan cara meminum langsung secara bergantian, Sabtu, 7 Januari 2017. 

Empat menteri itu adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito serta Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Moch Basoeki Hadimoeljono. 

"Apakah bisa langsung diminum airnya?” tanya mereka kepada staf Jasa Tirta 1 sebagai pengelola.

Lalu pihak Jasa Tirta mengiyakan. Petugas itu menerangkan bahwa sumber mata air arboretrum bisa diminum langsung, tanpa dimasak terlebih dahulu. Dan para menteri pun minum satu persatu sambil mengamati mata air sungai Brantas itu. "Airnya segar," ungkap Darmin Nasution.

Dalam kunjungan kerja (kunker) di Kota Apel ini, mereka menanam pohon pule di salah satu area seluas 19 hektar tersebut. Setelah menanam, mereka mendapatkan sertifikat bukti melakukan penanaman pohon

Darmin Nasution mengatakan, arboretum sebagai aset negara yang perlu dilindungi. Upaya tersebut agar generasi mendatang masih bisa menikmati warisan leluhur. Bahwa sumber air penting bagi kehidupan dan kelangsungan hidup yang akan datang. "Arboretum perlu diperluas. Sebab pusat resapan air," kata Darmin Nasution.

Hal senada juga dilontarkan Menteri PUPR Moch Basoeki Hadimoeljono. Warga dan masyarakat harus aware terhadap alam. Terutama terhadap sumber mata air. Untuk itu, dia mengajak untuk menjaga dan melestarikan alam. Agar semakin bagus, lestari dan indah.

"Kami harap bersama-sama untuk menjaga kawasan tangkapan air. Dan DAS Brantas dijaga. Sebab, sumber air ini milik bersama," katanya.

Untuk itu, Basoeki berharap muncul komunitas pecinta alam untuk bersama melindungi sumber air agar tetap terjaga dan terlindungi. Dan melakukan konservasi sejak dini.

Selain kehadiran para menteri dan rombongan, tampak juga Direktur Utama PJT 1 Harianto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pengairan Kota Batu Arief As Siddiq, Camat Bumiaji M Aries Imam Wahyono dan koramil Bumiaji Widagdo. Mereka pun siap mendukung agar alam dan sumber air tetap terjaga untuk generasi mendatang. (*)

Penulis: Muklas
Editor: Yosi Arbianto