Memahami Ukuran Mata Kail Pancing

ukuran mata kail pancing

Untuk menyederhanakan ukuran mata kail, dikelompokkan menjadi mata kail ikan air tawar dan mata kail untuk ikan air asin (laut). (Foto: courtesy badangling for  BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Ukuran mata kail standar internasional punya perhitungan yang rumit.

Sehingga untuk menyederhanakan ukuran mata kail, dikelompokkan menjadi mata kail ikan air tawar dan mata kail untuk ikan air asin (laut).

Apakah boleh mata kail ikan air asin dipakai memancing ikan di air tawar? Boleh saja. Sekali lagi ini hanya untuk memudahkan pengelompokkan dan memahami ukuran mata kail.

Untuk ikan air tawar, ukurannya adalah angka bulat tanpa dibagi angka nol. Misalnya #1, #2, #3 dan seterusnya.

Semakin besar angkanya, semakin kecil ukuran mata kailnya. Ukuran kail terbesar saat memancing di air tawar adalah ukuran 1 atau #1.

Sedangkan untuk ikan air asin, ukurannya menggunakan simbol angka dibagi nol. Misalnya 1/0, 2/0, 3/0 dan seterusnya. Semakin besar angkanya, semakin besar ukuran mata kailnya.


Namun di Indonesia, kebanyakan ukuran mata hanya menggunakan urutan angka dari 1 hingga puluhan. Misalnya 1,2,3... 5 dan seterusnya. Semakin besar angkanya, semakin besar ukuran mata kailnya.

Diagram Ukuran Mata Kail

Kail #22 berukuran sangat kecil dan digunakan untuk mengikat lalat. Sedangkan kail #6 dengan jarak seperempat inci sangat cocok untuk menangkap ikan air tawar.

 
ukuran mata kail pancing

Ukuran standar internasional mata kail pancing (Foto: courtesy badangling for BATUKITA.com)

Sistem ukuran ini konsisten sampai mencapai ukuran mata kail #1. Dari sini, ukuran selanjutnya adalah 1/0, lalu 2/0 dan seterusnya.

Ukuran 2/0 cocok untuk digunakan umpan cacing (asli atau plastik) untuk menangkap ikan bass. Kail terbesar adalah 10/0 yang cukup besar untuk seekor hiu.


Tergantung Ukuran Mulut Ikan

Memilih ukuran mata kail bergantung pada ukuran mulut ikan yang hendak ditangkap, bukan ukuran atau berat badan ikan.

Misalnya ikan mas seberat 2 kilogram dan ikan bass seberat 2 kilogram memiliki ukuran berat yang hampir sama, tetapi memerlukan kail yang berbeda.

Untuk ikan mas harus memilih mata kail yang jauh lebih kecil karena mulut ikan mas lebih kecil dibanding mulut ikan bass.

Selain ukuran mulut ikan, memiih mata kail perlu mempertimbangkan ukuran umpan yang digunakan.

Umpan ikan kecil hidup memerlukan kail yang lebih besar daripada cacing tanah, meskipun digunakan untuk menangkap spesies ikan yang sama.

Baca pula: Ini Tips dan Trik Memancing Ikan di Sungai, Ayo Berangkat Mancing!

Alasannya, celah pada kail harus cukup lebar agar ikan kecil dapat bergerak.

Yang perlu diingat, Anda dapat menangkap ikan besar dan kecil dengan kail kecil. Sedangkan kail besar hanya untuk ikan besar. Selamat memancing! (#)

John