Daftar Ulang, Ini Sekilas Biaya Kuliah Mahasiswa UB dan UM Jalur Mandiri


BATUKITA, Kota Malang - Hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang 2019 telah dirilis. Bagi yang ingin terus kuliah, tentunya wajib daftar ulang.   Dalam tahap inilah, besaran biaya masuk jalur mandiri menjadi fokus perhatian. Baik bagi mahasiswa dan orang tua.

Besaran biaya pendidikan berbeda-beda bagi tiap mahasiswa. Namun, ada gambaran umum yang bisa menjadi perhatian bagi orang tua. Berikut rangkuman besaran biaya pendidian jalur mandiri di Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) tahun ajaran 2019/2020. Juga tersaji perbandingan besaran biaya pendidikan bagi yang lulus jalur SNMPTN maupun jalur SBMPTN.

Sebagai gambaran jalur mandiri di UB, besaran biaya pendidikan mengacu Peraturan Rektor Universitas Brawijaya Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Biaya Pendidikan Bagi Mahasiswa Baru Program Sarjana yang Diterima Melalui Jalur Seleksi Mandiri Tahun Akademik 2019/2020.

Universitas Negeri Malang (UM) juga telah menetapkan besaran Uang Kuliah Semester (UKS) dan Sumbangan Pengembangan Sarana Akademik (SPSA) mahasiswa baru UM Jalur Mandiri 2019.
Berdasarkan Keputusan Rektor UM nomor 18.6.65/UN32/DT/2019 tanggal 18 Juni 2019, berikut gambaran besaran biaya pendidikan di UM mulai 2019 ini.


Sebagai perbandingan, berikut rujukan tarif UKT Jalur SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2019 Universitas Brawijaya berdasarkan Keputusan Menteri No 91 tahun 2018.



Editor: Yosi Arbianto