Minuman Segar Es Sawo Tropis, Simak Cara Membuatnya

buah sawo

Buah sawo yang manis ini bisa lebih nikmat bila dibuat bahan minuman segar es sawo tropis (Foto: vountraicayhouston.com for BATUKITA.com)

BATUKITA-KotaBatu - Buah sawo yang manis sungguh enak dimakan segar. Lebih dari itu, buah sawo juga nikmat diolah menjadi minuman segar es sawo tropis. Apalagi saat cuaca sedang panas.

Membuat minuman segar es sawo tropis cukup mudah. Bahan-bahannya juga mudah didapat di pasar. Harga beli bahan relatif ringan di kantong dengan kepuasan yang setara harga.

Langsung saja. Untuk bahan kuahnya, sediakan 500 mililiter santan, biasanya dari satu butir kelapa. Lalu dua lembar daun pandan, seperempat sendok teh garam dan sirup merah secukupnya.

Untuk bahan isi es sawo tropis, terdiri dari: 350 gram sawo yang telah dikupas dan dipotong memanjang. Lalu 200 gram buah leci, 200 gram jeli warna-warni, dan 100 gram selasih.

Sebagai pelengkap, sediakan es batu pecah, es tube, atau es serut secukupnya. Lalu  siapkan susu kental manis.

 
Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, rebus santan yang dicampur daun pandan dan garam.

Setelah mendidih, angkat dan dinginkan. Lalu siapkan gelas, mangkuk, atau wadah yang lebih besar. Isi dengan sawo yang dipotong-potong, sirup merah, leci, jelly dan selasih.

Tuangkan santan dalam gelas atau mangkuk dan beri es batu. Tambahkan susu kental manis. Minuman segar es sawo tropis siap disajikan untuk menyegarkan suasana dan dahaga. Yuk dicoba(*)

 
Penulis: Yosi Arbianto