Gempa Dahsyat 7,8 Melanda Perbatasan Turki-Suriah

gempa turki februari 2023

Dua gempa dahsyat melanda wilayah dekat perbatasan Turki dan Suriah pada Senin 6 Februari 2023. Salah satu kondisi pasca gempa di Turki (courtesy Al Jazeera for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Ankara - Dua gempa dahsyat melanda wilayah dekat perbatasan Turki dan Suriah pada Senin 6 Februari 2023.

Gempa pertama berkekuatan 7,8 magnitudo, dengan episentrum (pusat gempa) di wilayah dekat Kota Gaziantep, Turki.

Gempa pertama ini terjadi Senin dini hari ketika masyarakat sedang tidur lelap.

Lalu, gempa kedua berkekuatan 7,5 magnitudo sekitar pukul 13:30 waktu setempat. Pusat gempa kedua ini sekitar Kota Kahramanmaras, Turki.

Kepala Badan Penanganan Bencana Turki, Yunus Sezer, mengatakan total korban meninggal 2.921 jiwa per Selasa 7 Februari 2023 pagi waktu setempat. Sementara korban luka-luka mencapai 15.834 orang.

Di Suriah, korban tewas tercatat 1.451 jiwa dan luka-luka sejumlah 3.531 orang, demikian dikutip BatuKita dari CNN.

Evakuasi dalam Cuaca Dingin

Dalam proses evakuasi, cuaca dingin, hujan, dan gempa susulan mempersulit proses penyelamatan di Diyarbakir - juga di sebagian besar lokasi terdampak gempa.

Warga yang meninggalkan rumah mereka dengan terburu-buru pada dini hari ketika gempa pertama terjadi, takut kembali ke kediamannya, meski sekadar mengambil jaket atau sepatu.

"Beberapa orang ingin kembali ke rumah karena terlalu dingin, tapi kemudian ada gempa susulan dan mereka ke luar lagi." kata Ozgul Konacki di Malatya, dilansir dari BBC.


Dia menambahkan, "Kami hanya ingin mengambil pakaian hangat untuk anak-anak."

Prakiraan cuaca menyebut usaha penyelamatan beberapa hari ke depan mungkin terkendala cuaca buruk di sejumlah area terdampak.

Di Turki, area di sekitar lokasi gempa pertama diperkirakan akan hujan lebat, sementara suhu akan turun hingga 3-4 derajat Celcius di siang hari dan di bawah 0 derajat Celcius di malam hari.

Salju setebal 3-5 centimeter diperkirakan akan turun, sementara di bagian utara Turki, hujan salju akan lebih lebat.

Setidaknya 2.800 bangunan diperkirakan hancur karena gempa pertama. Ini berarti ribuan orang tidak akan punya tempat berlindung.

Getaran gempa terasa sampai ke ibu kota Ankara, dan kota lain di Turki, dan juga wilayah lainnya.

Banyak bangunan runtuh, dan dilaporkan orang-orang masih terjebak di dalamnya.

Menteri Dalam Negeri Turki, Suleymon Soylu mengatakan ada 10 kota terdampak gempa. Yakni Gaziantep, Kahramanmaras, Hatay, Osmaniye, Adiyaman, Malatya, Sanliurfa, Adana, Diyarbakir dan Kilis.
 
pusat gempa turki februari 2023
Gempa pertama berkekuatan 7,8 magnitudo pada Senin dini hari, dengan episentrum (pusat gempa) di wilayah dekat Kota Gaziantep, Turki.  Lalu, gempa kedua berkekuatan 7,5 magnitudo sekitar pukul 13:30 waktu setempat. Pusat gempa kedua sekitar Kota Kahramanmaras, Turki. (courtesy BBC for BATUKITA.com)


Turki Ada di Jalur Gempa

Turki terletak di salah satu zona jalur gempa paling aktif di dunia.

Pada 1999, lebih dari 17.000 orang tewas menyusul gempa kuat yang meluluhlantakkan bagian barat laut negara tersebut. (#)

Yosi Arbianto