Harlah 1 Abad NU: Salat, Selawat Hingga Aksi Banser dan Musik Slank

salawat 1 abad nu

Organisasi massa Nahdlatul Ulama (NU) berusia satu abad pada 16 Rajab 1444 Hijriah bertepatan dengan Selasa, 7 Februari 2023. Habib Syech memimpin pembacaan salawat  Nabi Muhammad SAW (courtesy NU Channel for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Sidoarjo -  Organisasi massa Nahdlatul Ulama (NU) berusia satu abad pada 16 Rajab 1444 Hijriah bertepatan dengan Selasa, 7 Februari 2023.

NU sebagai ormas Islam terbesar di Indonesia lahir pada 16 Rajab 1344 Hijriah tepat 100 tahun lalu.

Memeringati usia 100 tahun itu, NU menggelar puncak peringatan hari lahir (harlah) di Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur. Panitia menyiapkan beragam kegiatan selama 24 jam nonstop.

Juru Bicara Panitia Puncak Resepsi 1 Abad NU, Rahmat Hidayat Pulungan, mengatakan Puncak Harlah 1 Abad NU sudah dimulai Selasa dini hari pukul 00:00.

Diawali dengan qiyamul lail (salat malam), lalu pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Ratib al-Attas, Asmaul Husna. Lalu ada pembacaan selawat bersama Habib Syech.

Pada pagi harinya sekitar pukul 07:00 WIB diisi agenda formal puncak resepsi 1 Abad NU. Kegiatan ini akan diisi dengan istigasah kubro dan berbagai pidato.

Antara lain pidato Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, khotbah iftitah dari Rais Aam PBNU Miftachul Akhyar.

Kemudian sambutan Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf dan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.


Untuk memeriahkan, akan ada penampilan marching band dan iringan musik orchestra yang dipimpin Addie MS.

Kemudian dipadukan dengan koreografi ciptaan Denny Malik yang dibawakan 12.000 anggota Banser, serta penampilan Qosimah dan Woro Widowati.

Dalam kesempatan itu juga, ada pembacaan rekomendasi Muktamar Internasional Fikih Peradaban yang diserahkan Gus Yahya kepada Presiden Joko Widodo.

Selain itu, ada pula agenda khusus untuk menandai masuknya NU ke abad kedua akan dilakukan oleh Jokowi, Miftachul Akhyar, dan Gus Yahya.

Tak berhenti sampai di situ, terdapat pula kegiatan dari siang hingga sore hari seperti Karnaval Nusantara dan Nahdlatut Tujjar Fest.

Sementara pada malam harinya, kegiatan hiburan rakyat bakal diisi sejumlah artis dalam dan luar negeri.

Di antaranya Slank yang akan berkolaborasi dengan Ikatan Seni Hadrah Indonesia (Ishari) dan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas.

Tak ketinggalan terdapat musisi legendaris Indonesia, Rhoma Irama berkolaborasi dengan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf, hingga Maher Zain yang akan berduet dengan Erick Thohir. (#)

John