Begini Cara Mudah Membuat Pepes Telur Asin


pepes telur asin
Pepes telur asin siap dikonsumsi. Bila  suka pedas, tambahkan cabe rawit sebelum dikukus. (Foto: BATUKITA.com).

BATUKITA (KOTA MALANG) - Bosan makan telur asin dengan cara biasa? Ada baiknya mencoba berkreasi dengan membuat pepes telur asin. Selain bisa lebih awet karena bisa disimpan di lemari es, pepes telur asin memberikan sensasi rasa selain asin. Ada beragam bumbu, daun bawang, kemangi dan juga tomat yang ditambahkan.

Langsung saja. Pertama siapkan bahan-bahan. Bahan ini untuk membuat delapan buah pepes. Yakni 250 mililiter santan, biasanya didapat dari sebutir kelapa. Lalu setengah sendok teh gula pasir, satu sendok teh merica bubuk, satu butir telur ayam dikocok merata, dan delapan butir telur asin mentah.

Lalu siapkan tujuh cabai merah besar, iris tipis-tipis; tujuh cabai hijau iris tipis;  12 butir bawang merah, iris tipis, dua buah tomat yang juga diiris. Lalu siapkan juga daun bawang secukupnya, iris kecil-kecil; daun salam empat lembar dibagi dua; empat batang serai, belah jadi dua dan memarkan.

Terakhir siapkan daun kemangi secukupnya (kurang lebih 50 gram) dan daun pisang untuk bungkus pepes. Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah cara memasak pepes telur asin.

Langkah pertama, rebus santan, merica, dan gula pasir dalam wadah. Aduk-aduk hingga mendidih dan mengental. Angkat dan dinginkan. Lalu tambahkan telur ayam yang sudah dikocok dan aduk merata.

Langkah kedua, pecahkan 1 butir telur asin ke dalam mangkuk. Lalu campur ke dalamnya cabai iris, bawang merah iris, tomat iris, daun bawang iris, salam setengah lembar, serai setengah, dan daun kemangi secukupnya. Aduk pelan biar tercampur.

Langkah ketiga, siapkan dua lembar daun pisang yang ditumpuk, lipat hingga membentuk wadah.  Selanjutnya masukkan campuran di mangkuk ke dalam wadah daun pisang. Tuangkan tiga hingga empat sendok makan santan berbumbu. Bungkus dan sematkan lidi untuk mengikat wadah daun pisang tadi.

Langkah keempat, siapkan air dalam dandang, didihkan. Kukus pepes hingga matang, sekitar 40 menit. Angkat dan dinginkan. Pepes siap disantap. Bila kurang asin, sebelumnya bisa ditambah garam. Bagi yang suka pedas, sebelum dikukus tambahkan irisan cabe rawit ke dalamnya. Selamat mencoba. (*)


Editor: Yosi Arbianto