Lapuk, Pohon Flamboyan Tumbang di Pagi nan Cerah

Pohon Flamboyan di Jalan Diponegoro, Tulungrejo, Bumiaji Kota Batu tumbang karena bagian akar mengalami pelapukan

Pohon Flamboyan di Jalan Diponegoro, Tulungrejo, Bumiaji Kota Batu tumbang karena bagian akar mengalami pelapukan. (Foto: Netizen for BATUKITA.com)

BATUKITA (KOTA BATU) - Sebatang pohon flamboyan dengan tinggi sekitar 15 meter tumbang dan menutup Jalan Raya Diponegoro Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Sabtu (23/2/2019) sekitar pukul 08.49 pagi.  Jalan raya dari pusat Kota Batu menuju arah Punten itu kebetulan sedang sepi pengendara kendaraan bermotor. Sehingga tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Berdasarkan laporan kejadian darurat non bencana dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, saat itu cuaca cerah dan tidak berangin.

Tiba-tiba pohon itu tumbang dan melintang di jalan. Diperkirakan penyebab pohon tumbang karena akar pohon mengalami pelapukan.  Sehingga pohon dengan diameter sekitar 90 centimeter itu roboh dan menutup akses jalan.

Akibat pohon tumbang itu, tidak ada korban jiwa. Juga tidak ada kerusakan dan kerugian berarti. Karena dahan dan ranting pohon menimpa jalan.

Achmad Choirur  Rochim, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu menegaskan pihaknya segera memotong batang, cabang dan ranting pohon yang tumbang.  Agar arus lalu lintas segera lancar. 

Dalam proses pemotongan itu, personel juga melakukan buka tutup arus lalu lintas. Personel yang terlibat dalam evakuasi dan pengaturan arus lalu lintas adalah personel BPBD Kota Batu, Garda Relawan, Brantas Rescue, perangkat desa dan warga setempat. (*)


Editor: John