Berikut Ini Segudang Manfaat Kesehatan dari Biji dan Minyak Kemiri

manfat kesehatan dari biji dan minyak kemiri
Biji kemiri berwarna cokelat kekuningan ini mengandung lebih dari 30 persen minyak dan nutrisi yang punya banyak manfaat kesehatan. (Foto: BATUKITA.com)

BATUKITA (KOTA BATU) - Biji kemiri (candlenut) sudah dikenal hampir seluruh masyarakat Indonesia, termasuk warga Kota Batu dan Malang Raya. Bijinya keras, berwarna  cokelat kekuningan, dan biasanya ada di dapur bunda.  Rata-rata mengenalnya sebagai bumbu masak.

Selain sebagai bumbu masak, manfaat  biji yang masuk suku Euphorbiaceae (sekerabat dengan singkong) ini ternyata sangat banyak. Tidak hanya bijinya, bagian kulit, daun, getah dan kayunya juga bermanfaat. Misalnya untuk obat sariawan, obat sakit gigi, mengatasi insomnia hingga anti ketombe dan anti rontok.

Ini manfaat buah dan bagian tanaman kemiri (Aleurites moluccanus) yang dirangkum dari beragam sumber. Mari kita diskusikan manfaat-manfaat berikut.


Obat Sariawan
Getah dan kulit kayu kemiri sangat bermanfaat. Getah dalam kulit kayu dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Cari pohon kemiri yang masih hidup. Alat yang Anda butuhkan adalah pisau, dan kapas. Bahan tambahannya adalah sedikit santan.

Pertama-tama, robek kulit kayu kemiri dan tunggu sampai getahnya muncul. Setelah getahnya muncul, ambil dengan kapas dan beri sedikit santan. Oleskan pada bagian mulut Anda yang sariawan.

Obati Sakit Gigi
Getah kemiri bisa juga untuk mengobati sakit gigi. Cara mengambil getahnya sama seperti di atas. Tapi kali ini kita tidak perlu santan. Ambil getah dengan kapas, letakkan kapas pada gusi atau gigi yang sakit gigi. Biarkan sampai 10 menit. Setelah itu, ganti dengan yang baru.

Solusi untuk Diare
Untuk menyembuhkan Diare, kita menggunakan batang (ranting) pohon kemiri. Dilansir dari drhealth, alat yang diperlukan adalah alu atau mortar, panci, dan gelas.

Bahan-bahannya: 20 gram batang kemiri segar dan 600 cc air. Caranya:  haluskan batang kemiri. Setelah itu, taruh ke panci dan tambahkan 600 cc air. Rebus hingga volume menjadi separuhnya (minimal 300 cc). Saring dan masukkan ke gelas. Minum setidaknya dua kali sehari dan minum sebanyak 150 cc per sekali minum.

Meringankan Infeksi Jamur
Jamur dapat muncul dimana saja. Termasuk di kulit kita. Untuk meredakannya, oleskan minyak kemiri ke bagian tubuh yang terkena infeksi jamur. Lakukan secara rutin untuk hasil optimal.

Mengatasi Insomnia
Insomnia adalah gangguan yang membuat seseorang tidak bisa tidur nyenyak. Ini bisa disebabkan oleh depresi, banyak pikiran atau ketakutan akan sesuatu. Mengonsumsi kemiri bisa mengatasi insomnia. Karena kemiri memiliki melatonin yang membuat seseorang rileks dan cepat tertidur. Ini bagus untuk penderita insomnia buruk.

Selain melatonin, nutrisi dalam kemiri antara lain saponin, falvonoid, polyfenol, beberapa protein, karbohidrat. Mineral dalam kemiri adalah fosfor, kalium, kalsium dan magnesium. Kandungan yang tak kalah bermanfaat adalah Vitamin A, vitamin B1, folat dan pitosterol yang menghambat pembentukan kolesterol.

Mengurangi Kadar Kolesterol
Pada beberapa penelitian , kemiri memiliki kadar lemak tak jenuh yang cukup tinggi. Hal ini dipercaya bisa menurunkan kadar lemak kolestrol LDL dalam tubuh. Namun belum ada pernyataan resmi dari jurnal internasional tentang manfaat ini.


Bebaskan Konstipasi (susah buang air besar)
Konstipasi selalu terjadi ketika seseorang kurang makan makanan berserat. Salah satu manfaat kemiri adalah untuk mengatasi konstipasi. Dilansir dari drhealth, bahan-bahannya adalah 1 biji kemiri, 2 bawang putih, 5 gram pulasari, 10 gram kayu manis, 30 gram daun urang-aring, setengah sendok teh garam, setengah sendok teh adas dan 800 cc air. Alat yang digunakan adalah blender, panci dan gelas.

Caranya: campur semua bahan (tanpa 800 cc air) sampai halus. Lalu rebus semua bahan dengan 800 cc air. Rebus hingga volume menjadi setengahnya (400 cc). Saring dan masukkan di gelas. Minumlah dua kali sehari, dan minum sebanyak 200 cc per sekali minum.

Meringankan Efek Gigitan Serangga
Gigitan serangga membuat kulit rasanya terbakar dan gatal. Gejala itu bisa disembuhkan dengan kemiri. Bahan-bahannya: 2 potong kemiri, kunyit seukuran jari kelingking. Alat yang digunakan adalah pemanggang dan mortar untuk menghaluskan.

Cara membuatnya: panggang bahan-bahannya. Setelah itu tumbuk hingga halus. Lalu letakkan di bagian tubuh yang terasa gatal akibat gigitan serangga.

Hentikan Pendarahan saat Buang Air Besar
Kemiri bisa menghentikan pendarahan saat buang air besar. Yang dibutuhkan adalah 20 gram kulit kemiri (daging buah yang membungkus biji kemiri), panci, gelas, 400 cc air untuk merebus kemiri. Langkah-langkahnya: cuci bersih kulit kemiri. Lalu rebus dengan 400 cc air hingga volume menjadi 200 cc. Saring dan letakkan di gelas dan siap diminum.

Obat Gosok
Kemiri dapat menghasilkan minyak. Ya, minyak kemiri dapat digunakan sebagai obat gosok untuk membuat tubuh Anda rileks. Juga bisa melindungi tubuh dari influenza, kedinginan dan pilek. Caranya, gosokkan ke bagian tubuh yang Anda inginkan.


Tanaman kemiri, daun dan buahnya.

Obat Demam pada Anak
Jika anak demam, minyak kemiri bisa meringankannya. Yang dibutuhkan adalah 15 gram akar pulutan, minyak kemiri, panci, air, dan gelas. Pertama, rebus semua bahan: 15 gram akar pulutan dan beberapa bagian minyak kemiri dengan air. Setelah itu saring, masukkan ke dalam gelas dan siap diminum.

Menyuburkan dan Pelebat Rambut
Kemiri dapat menghasilkan minyak. Minyak itu memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah menyuburkan dan melebatkan rambut Anda. Langkah-langkahnya adalah: letakkan minyak sebanyak yang Anda butuhkan di telapak tangan. Lalu oleskan di rambut dan kulit kepala. Biarkan satu malam. Di pagi hari, cuci menggunakan sampo dan kondisioner. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.


Mengatasi Rambut Rontok
Rambut rontok terjadi jika folikel rambut tidak kuat . Dengan minyak kemiri, masalah ini akan terpecahkan. Cukup oleskan minyak kemiri di kulit kepala. Protein dan mineral di dalam minyak kemiri dapat menguatkan rambut dari akar hingga ujung. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Menghitamkan dan Menggelapkan Warna Rambut
Rambut hitam berkilau dan sehat adalah harapan setiap orang. Minyak kemiri dapat mewujudkannya. Mineral dan protein di dalam minyak kemiri dapat memperbaiki warna rambut Anda. Rambut Anda dapat kembali hitam bersinar dan sehat.

Membersihkan Ketombe
Ketombe memunculkan banyak masalah. Bisa mengurangi kepercayaan diri, menjatuhkan citra dan membuat beberapa orang merasa terganggu keberadaan Anda. Tapi jangan khawatir. Minyak kemiri dapat membantu mengatasi masalah ketombe.

Langkah-langkahnya adalah letakkan minyak kemiri di telapak tangan. Lalu oleskan di kulit kepala. Pijit-pijit kulit kepala perlahan sampai merata. Biarkan dalam waktu yang cukup lama. Setelah itu keramas.

Penumbuh Rambut
Selain di kepala, bagian tubuh lainnya juga ditumbuhi rambut. Misalnya alis, kumis dan janggut untuk pria. Bila ingin menumbuhkan rambut selain di kepala, campur minyak kemiri dengan lidah buaya. Lalu campuran itu oleskan di bagian tubuh diinginkan untuk ditumbuhi rambut.

Efek Samping
Selain manfaat, kemiri juga mengandung beberapa zat beracun. Karena adanya zat-zat seperti saponin dan phorbol. Untuk itulah kemiri tidak boleh dikonsumsi langsung dalam bentuk mentah. Sebab bisa mengakibatkan mual, muntah, dan kram perut. Untuk menghindari efek samping itu, kemiri terlebih dulu disangrai (menggoreng tanpa minyak) atau memanggang kemiri hingga mengeluarkan minyak sebelum dikonsumsi.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan dan efek samping dari kemiri. Manfaat lain dari minyak kemiri adalah digunakan sebagai minyak lampu untuk digunakan sebagai sumber cahaya. Bisa juga biji kemiri dibakar untuk sumber cahaya.

Sekadar diketahui, dalam perdagangan antarnegara, biji kemiri dikenal sebagai candleberry, Indian walnut, serta candlenut. Pohonnya disebut sebagai varnish tree atau kukui nut tree.

Tumbuhan ini menyebar luas mulai dari India dan Cina, melewati Asia Tenggara dan Nusantara, hingga Polinesia dan Selandia Baru.Di Indonesia, kemiri dikenal dengan banyak nama. Diantaranya: kembiri; gambiri; hambiri (Batam); kemili (Gayo); kemiling (Lampung); buah kareh (buah keras), Nias); kaminting. Juga muncang; dèrèkan, pidekan, miri; kamèrè, komèrè, mèrè (Md.); kumbè ('Belitung').

Kemiri sekarang tersebar luas di daerah-daerah tropis. Tanaman ini adalah tumbuhan resmi negara bagian Hawaii. (*)

Penulis: Ardi Nugroho
Editor: John