Cara Mudah Membuat Bubuk Cabai Rawit Super Pedas

cabai rawit super pedas


Cabai rawit dengan usia kematangan tua cocok untuk membuat bubuk  cabai dengan level super pedas (Foto: BATUKITA.com)

BATUKITA - Bagi Anda penyuka rasa pedas, bubuk cabe adalah salah satu solusi untuk menciptakan rasa pedas. Agar sesuai selera dan terjaga kebersihannya, alangkah lebih baik membuat sendiri bubuk cabe dari bahan cabe asli. Bubuk cabe ini bisa dibawa ketika bepergian.

Cara membuatnya sangat mudah. Cukup sediakan cabe rawit yang sudah tua, biasanya berwarna orange atau merah. Usia kematangan cabai ini menentukan level pedasnya. Cabe yang tua akan terasa super pedas. Sebaliknya bila cabe masih muda, maka level pedasnya turun.

Cabai rawit adalah cabe berukuran kecil, bukan cabe merah besar. Cabai rawit juga bukan cabe keriting. Cabai rawit disebut pula cabe rawit, lombok rawit, cengek (Sunda), lombok setan, lombok mrutu (Jateng), cili padi (Melayu), chili pepper.

Langkah-langkahnya sebagai berikut. Mula-mula bersihkan cabe yang kita beli dari kotoran. Lalu buang tangkai cabe. Sambil membersihkan dan membuang tangkai cabai, sortir cabai berkualitas bagus dengan membuang cabe yang terlihat mulai membusuk. Tanda cabe busuk adalah ada titik hitam. Lalu cuci hingga bersih cabai yang telah disortir dan dibuang tangkainya.

Proses selanjutnya adalah mengeringkan cabai. Caranya jemur di bawah sinar matahari. Alternatifnya bisa menggunakan oven pada suhu panas sekitar 150 derajat Celcius.

Pengeringan cabe di bawah terik mentari mungkin butuh satu sampai dua minggu. Waktu yang cukup lama itu untuk mendapatkan cabe yang benar-benar kering. Jangan lupa dibolak-baik agar keringnya merata. Tanda cabe yang sudah benar-benar kering itu jika dipencet sedikit akan mudah patah atau remuk.

Setelah mendapatkan  cabai yang kering, langkah selanjutnya adalah menghaluskan cabai menggunakan blender. Masukkan cabe kering ke dalam blender lalu haluskan.  Setelah itu taruh dalam ayakan. Bubuk cabe yang sudah benar-benar halus saja yang disisihkan. Lalu cabai yang masih kasar bisa diblender ulang. Bubuk cabe siap dikonsumsi.

Apabila ingin ada rasa asin, bisa ditambah garam dan penyedap rasa. Juga bisa ditambah dengan bubuk bawang putih, bawang merah, ketumbar.

Tentang volume, 1 kilogram cabe segar bisa menghasilkan bubuk cabe 150-200 gram. Itu bubuk cabe original belum diberi bahan tambahan. Tertarik? Silahkan dicoba. (*)

Editor: Yosi Arbianto