Belajar Organ Manusia? Yuk Mulai Petualangan di Dalam Tubuh Bagong

museum tubuh bagong adventure

Pintu masuk ke dalam tubuh Bagong untuk memulai petualangan melihat dan mempelajari organ dalam tubuh Bagong (Foto:  BATUKITA.com)

BATUKITA, Kota Batu - Ada cara asyik bagi siswa sekolah untuk mengenal bagian-bagian tubuh dan fungsinya. Bukan hanya melihat gambar atau nonton video, cara asyik ini adalah masuk ke dalam tubuh Bagong. Ya, petualangan masuk ke dalam tubuh Bagong ini benar-benar mengasyikkan.

Datang saja ke Kota Batu Jawa Timur sekarang juga dan  mulailah petualangan di dalam tubuh Bagong. Tubuh Bagong ini  ada di area Museum Tubuh Bagong Adventure, kompleks Jatim Park 1 Kota Batu Jawa Timur.

Pintu masuk petualangan adalah mulut Bagong. Masuk ke dalamnya dan tara...organ Bagong pun bisa kita masuki. Yuk! mulai belajar.

Zona Gigi
Gigi itu terdiri dari banyak lapisan . Gigi merupakan salah satu organ terkeras yang dimiliki manusia. Tapi, gigi ternyata bisa cepat rusak kalau tidak dirawat dengan benar.

Selain gigi, mulut juga terdiri dari beberapa bagian. Di dalam mulut, juga ada lidah. Ingin tahu letak rasa yang ada di lidah? cari jawabnya di sini.



Zona Telinga
Selain sebagai organ penangkap suara, telinga juga berfungsi sebagai bagian penyeimbang tubuh. Kok bisa telinga kita berdengung? Baca informasi-informasi penting mengenai telinga lewat layar interaktif yang tersedia. Di sini juga bisa menguji umur pendengaran kamu dengan alat peraga yang disediakan disini. Cobalah!



Zona Hidung
Hidung kita adalah gerbang utama udara masuk ke dalam tubuh. Di dalam hidung manusia terdapat bulu-bulu sensitif yang berfungsi menyaring udara yang masuk. Tidak hanya itu, hidung setiap manusia memiliki bentuk yang berbeda-beda. Apa sih arti bentuk hidung ini? Yuk cari tahu di zona hidung.



Zona Otak
Otak kita terdiri dari otak kanan dan otak kiri. Masing masing otak mempunyai fungsi yang berbeda. Otak kita juga ada yang bertugas mengatur mood hingga presepsi. Sebagai prosesor, banyak lagi fungsi otak yang perlu diketahui. Fungsi-fungsi ini dijelaskan dengan alat peraga agar lebih mudah mempelajari otak kita.



Zona Mata
Pernahkah kamu melihat mata versi raksasa? Di zona mata ada mata raksasa. Sehingga bagian-bagiannya bisa dilihat dan dipelajari dengan jelas.Cobalah untuk menemukan dimana letak pupil mata, lensa atau syaraf mata.



Jadi Dokter
Menjadi dokter merupakan cita-cita luar biasa. Bisa menyembuhkan banyak orang dan berguna untuk masyarakat. Bila punya impian untuk menjadi dokter, di Museum Tubuh Bagong Adventure impian itu bisa menjadi nyata. Kamu disediakan baju dan alat-alat kedokteran agar kamu merasakan bagaimana sih rasanya menjadi dokter yang hebat selama sehari. Jangan lupa, abadikan momen kaget ini ya..



Zona Pembuluh Darah
Pembuluh darah itu bagai tameng yang melindungi tubuh kita dari serbuan kuman. Di dalam pembuluh darah terdapat sel darah putih sebagai penyerang kuman. Ukuran sel darah sangat kecil, tapi kemampuannya sungguh hebat.

Penasaran bagaimana darah melindungi tubuh kita secara aktif? Atau bagaimana darah bisa mengobati luka? Temukan jawabannya di Zona Pembuluh Darah Museum Tubuh Bagong Adventure. Di sini juga bisa melihat video interaktif mengenai pembuluh darah.



Zona Jantung
Kamu tahu kita memiliki jantung kan? Yakin sudah mengetahui jantung secara menyeluruh? Temukan fakta-fakta menarik tentang jantung dan ketahui apa saja yang menyusun jantung kita.

Selain itu kamu juga bisa mengetahui bagaimana bentuk jantung secara jelas, karena di sini ada jantung raksasa yang bisa kamu amati bersama teman-teman dan keluarga kamu. Jantung besar ini bisa berdetak loh!.



Paru-paru
Udara yang dihirup melalui hidung selanjutnya masuk ke paru-paru. BAaaimana sih bentuk paru-paru? Kok bisa ya menyalurkan oksigen untuk tubuh kita lewat darah.

Terkadang, paru-paru tak selalu sehat, paru-paru juga bisa sakit jika terkena zat yang berbahaya. Mau tau zat apa saja yang menyebabkan paru-paru sakit? Cek di Zona Paru-paru.



Zona Hati
Hati merupakan penawar racun yang handal untuk tubuh kita. Racun-racun tersebut masuk dari luar lewat udara, makanan atau infeksi luka. Di Zona Hati kamu akan mempelajari bagaimana hati bekerja, dengan replika hati cukup besar. Sakit hati? Coba cek adakah penawarnya di sini.



Zona Lambung
Lambung mempunyai peranan besar pada proses pencernaan kita. Lambung bertugas menghancurkan atau pelebur makanan yang kita konsumsi.
Bagaimana proses peleburan itu bisa terjadi? Lalu kok bisa makanan masuk ke usus? Kenapa ya lambung kita bisa sakit pada saat tertentu? Di Zona Lambung Museum Tubuh Bagong Adventure, semua pertanyaan kamu akan terjawab dengan cara yang mengasyikkan.



Zona Usus
Usus berfungsi menyerap sari-sari makanan yang kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Tapi, usus juga punya musuh lho, yaitu bakteri jahat. Bakteri ini bisa menyebabkan sakit. Tetapi, usus juga punya teman, yakni bakteri baik. Siapa saja teman dan musuh usus? Cari tahu di Zona Usus.



Ginjal
Ginjal manusia punya peranan penting dalam tubuh, salah satunya penyaring kotoran dalam darah. Hati-hati sakit batu ginjal bila kurang minum air putih dan kebiasaan makan makanan tidak sehat. Begitu pentingnya fungsi ginjal, yuk pelajari lebih dalam fungsi dan cara menjaga ginjal tetap sehat.



Kelainan Refraksi Mata
Mata kamu apakah sudah mulai terasa lelah? Atau pandangan mata mulai kabur? Hati-hati lho, bisa jadi itu tanda-tanda kelainan refraksi mata. Di Zona Kelainan Refraksi, kamu bisa mengetahui bagaimana sih ciri-ciri kelainan refraksi. Cek segera.



Checkup Gratis
Museum Tubuh ikut menjaga kesehatan anda. Di Checkup Gratis, anda akan mengetahui kondisi mata dan tekanan darah secara gratis!. Ayo buruan!



Science Center
Gimana ya bentuk otak manusia bila dibuat dalam ukuran raksasa? Atau bagaimana bentuk tubuh manusia bila dipotong secara horizontal? Bagaimana bentuk organ dalam manusia dilihat dari pembuluh darahnya? Bagong Science Center memberikan gambaran organ-organ tersebut melalui layar interaktif.



Bioskop 3D
Belajar dengan sangat menyenangkan dengan teknologi 3D masa kini. Kamu bisa merasakan film yang ditampilkan terasa hidup. Terdapat pilihan film yang sesuai dangan kamu dan pengunjung-pengunjung lain. Penasaran bagaimana organ di dalam kulit bekerja? Atau penasaran bagaimana proses pembuahan pada manusia?



Tulang Sendi
Bagaimana caranya dua tulang yang saling berjauhan dapat saling terikat satu sama lain ? Tulang juga menyimpan kekuatan yang hebat lho dalam tubuh. Penasaran dengan fakta tulang dan sendi ? Masuk saja ke Zona Tulang Sendi di Museum Tubuh Bagong Adventure.



Cadaver
Ingin melihat tubuh manusia yang diawetkan (cadaver)? Dari cadaver ini, bisa diketahui organ vital, otot dan jaringan tubuh kita dengan jelas. Ada pemandu yang siap menjelaskan segala rasa penasaran kamu mengenai cadaver. Pelajari bagaimana ajaibnya tubuh manusia.



Hall of Fame
Ilmu kedokteran yang berkembang dan maju di zaman sekarang tidak terlepas dari tangan-tangan ahli para ilmuwan lho. Kenali ilmuwan-ilmuwan kedokteran yang berjasa di bidang ilmu kedokteran di Hall Of Fame Museum Tubuh Bagong Adventure.



Editor: Yosi Arbianto