Pesepeda Tour de Indonesia 2019 Pendinginan Sehari di Kota Batu

etape 1 tour de Indonesia 2019

Pebalap sepeda Tour de Indonesia 2019 finish etape satu di Ngawi Jawa Timur, Senin (19/8/2019) (Foto: Liputan6 com)

BATUKITA, Kota Batu - Kota Batu Malang menjadi salah satu etape yang dilintasi oleh peserta balap sepeda Tour de Indonesia 2019. Total etape balap sepeda Tour de Indonesia 2019 sebanyak lima etape. Waktu pertandingan digelar pada 19-23 Agustus 2019.

Secara berurutan, lima etape itu, dimulai dari Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah menuju ke Ngawi, Jawa Timur. Lalu, etape dua berlangsung dari Madiun dan finish di Kota Batu.

Selanjutnya pada 21 Agustus, etape tiga start dari Kota Batu menuju Jember. Selanjutnya etape empat Jember-Banyuwangi, dan etape lima (terakhir) dari Gilimanuk dan finish di Batur Geopark Bangli, Provinsi Bali.

Jumlah etape tahun ini bertambah satu menjadi lima etape. Tahun sebelumnya hanya empat etape. Para pembalap akan menempuh jarak total 825,2 kilometer.

Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), Raja Sapta Oktohari, mengatakan Tour de Indonesia 2019 mengalami kenaikan klasifikasi. Pada Tour de Indonesia 2018 memiliki klasifikasi 2.2. Sementara tahun ini ada kenaikan menjadi 2.1

"Untuk kenaikan klasifikasi banyak standar yang harus dipenuhi dari aspek pelaksanaan dan pelayanan, sampai jumlah tim yang diundang. Kami akan berusaha optimalkan tahun ini karena masih bercita-cita Indonesia punya turnamen kelas 2 Hors Class," kata Okto di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Selain kenaikan klasifikasi, Tour de Indonesia 2019 juga memiliki tantangan baru untuk para pembalap. Yakni beberapa tanjakan yang memiliki kualifikasi Hors Class. Misalnya di etape dua Madiun - Kota  Batu.

Jumlah tim yang ambil bagian sebanyak 26 tim dari berbagai negara.  Tuan rumah menurunkan tiga tim. "Kami cukup bangga ada tiga tim kontinental Indonesia yang berlaga, karena sebelumnya hanya ada satu atau dua tim yang ikut," ucap Okto.

Sementara itu, pebalap sepeda asal Australia yang tergabung dalam Oliver's Real Food Racing Team, Angus Lyons menjadi yang tercepat di etape pertama Tour de Indonesia 2019. Angus Lyons mencatatkan waktu 3 jam 55 menit 58 detik. Angus Lyons pun berhak memakai Green Jersey untuk klasemen sementara.

Untuk kategori pemegang Red Jersey atau pebalap sprinter diraih Mario Vogt disusul Angus Lyons dan Ryan Roth secara berurutan. Raja tanjakan di etape pertama Tour de Indonesia diraih Roth yang berhasil naik podium menggunakan Blue Jersey.

Sedangkan pemegang Yellow Jersey atau Pebalap Asia Terbaik di etape pertama diberikan kepada Chon Huat Goh yang merupakan pebalap asal Singapura. Untuk kategori tim terbaik dipegang Team Sapura Cycling disusul Trengganu Cycling Team dan XSpeed United Continental.

Editor: Yosi Arbianto