Terapi Saraf Kejepit dengan Tujuh Gerakan Senam

terapi saraf terjepit

Saraf terjepit atau kecetit (Jawa) atau HNP (Herniated Nucleus Pulposus) dapat diterapi menggunakan tujuh gerakan senam (Foto: Klinik BMCA for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Saraf terjepit atau kecetit (Jawa) atau HNP (Herniated Nucleus Pulposus) dapat diterapi dengan gerakan senam.

Saraf terjepit atau HNP sering terjadi sepanjang tulang belakang. Misalnya ruas leher (cervical), punggung, pinggang (lumbal) dan tulang ekor (sacrum). HNP terjadi ketika bantalan ruas tulang belakang bergeser dan menekan saraf tulang belakang.

Yang jarang terjadi, beberapa orang pernah mengalami HNP di pergelangan tangan, bahu dan lutut. Bila diurutkan dari lokasi mana yang paling sering terjadi HNP adalah di pinggang, tulang ekor, leher dan punggung.

Contoh yang sering terjadi pada pinggang. Gejala atau ciri dari HNP antara lain munculnya rasa 1) pegal, 2) nyeri, 3) panas, 4) ketarik. Kadang keluhannya merambat ke pantat, paha hingga betis.

Lalu gejala lain 5) tidak kuat berdiri lama atau berjalan jauh karena ada rasa sakit, kesemutan, lemas atau mati rasa (tebal) di pada telapak kaki.

Gejala ke-6 adalah salah satu betis/keduanya mengecil/gembur, 7) salah satu atau kedua paha mengecil, 8)lumpuh mulai dari pinggang ke bawah, 9) tidak bisa menaham pipis atau BAB (buang air besar).

HNP atau saraf kejepit dapat dipicu oleh terjatuh, kecelakaan, mengangkat atau mendorong benda berat dengan posisi yang salah.

Bisa juga karena mencabut, misalnya tanaman, pengapuran, pengeroposan tulang, atau TB tulang.

Banyak dari pasien yang langsung lumpuh setelah mengalami kecelakaan atau jatuh dari ketinggian lebih dari tiga meter dengan posisi duduk.

Sebagian besar disebabkan oleh jatuh puluhan tahun yang lalu saat masih muda. Karena struktur tulang dan kondisi organ tubuh saat itu masih bagus, maka tidak menimbulkan efek. Setelah tua dan terpicu oleh gerakan tertentu, maka akibat-akibat tadi akan muncul.

Selain medis, ada beberapa gerakan senam untuk mencegah dan meringankan gejala HNP atau saraf terjepit.
 
Dirangkum dari terapi Klinik BMCA, tujuh gerakan senam untuk mengatasi HNP seperti diperlihatkan dalam foto di bawah ini. Untuk tiap gerakan (termasuk kanan kiri), masing-masing bisa dihitung 2x8.

 
Gerakan 1

senam HNP saraf kejepit
Gerakan ke-1 dari senam terapi HNP atau saraf terjepit (Foto: BMCA for BATUKITA.com)

 

Gerakan 2a

terapi saraf kejepit

Gerakan ke-2a dari senam terapi HNP atau saraf terjepit (Foto: BMCA for BATUKITA.com)

 

Gerakan 2b

terapi HNP atau saraf terjepit

Gerakan ke-2b dari senam terapi HNP atau saraf terjepit (Foto: BMCA for BATUKITA.com)


Gerakan 3

terapi saraf terjepit

Gerakan ke-3 dari senam terapi HNP atau saraf terjepit (Foto: BMCA for BATUKITA.com)


Gerakan 4

senam terapi HNP

Gerakan ke-4 dari senam terapi HNP atau saraf terjepit (Foto: BMCA for BATUKITA.com)


Gerakan 5

senam terapi HNP

Gerakan ke-5 dari senam terapi HNP atau saraf terjepit (Foto: BMCA for BATUKITA.com)


Gerakan 6

senam kecetit

Gerakan ke-6 dari senam terapi HNP atau saraf terjepit (Foto: BMCA for BATUKITA.com)


Gerakan 7

gerakan senam terapi kecetit

Gerakan ke-7 dari senam terapi HNP atau saraf terjepit (Foto: BMCA for BATUKITA.com)