Malas Bergerak Bisa Bikin Sesak Nafas, Ayo Olahraga!

olahraga jogging

Ilustrasi-Olahraga jogging atau jalan kaki di lingkungan terbuka bisa menjaga fisik agar tetap bugar dan fungsi organ tubuh tetap optimal (Foto: courtesy kzenon via crushpixel for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Kurang bergerak atau malas olah fisik ketika bekerja di rumah atau pembatasan sosial bisa memicu berbagai gangguan fungsi tubuh.

Bila gangguan fungsi tubuh ini muncul, sadarlah bahwa sudah waktunya Anda harus mulai olah fisik secara rutin.

Dilansir dari Times of India via Tempo.co, beberapa gangguan fungsi tubuh menjadi tanda Anda harus mulai aktif bergerak (olahraga) adalah:

Sendi Kaku

Seiring bertambahnya usia, masalah persendian dan tulang semakin meningkat. Risiko osteoporosis dan radang sendi bisa menyulitkan melakukan aktivitas sehari-hari.

Untuk itu, membuat sendi tetap bekerja lewat olah fisik, akan menjaganya dalam kondisi aktif dan mengurangi kekakuan.

Sendi yang tetap aktif juga dapat mengurangi masalah yang berhubungan dengan tulang.

Masalah Konsentrasi

Bermalas-malasan di rumah atau gaya hidup yang buruk dapat menyebabkan masalah konsentrasi pikiran pada banyak orang.

Anda mungkin berusaha keras, tetapi tetap tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu atau kehilangan minat pada tugas.


Berolahraga dapat menenangkan pikiran dan membantu meningkatkan fokus serta membantu tampil lebih baik dalam tugas yang diberikan.

Perubahan Suasana Hati

Kurangnya aktivitas fisik berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Duduk di satu tempat sepanjang hari bisa menjadi penyebab stres dan kecemasan.

Saat bergerak atau melakukan latihan seperti lari atau kardio, tingkat adrenalin meningkat. Ini membantu meningkatkan suasana hati dan kepercayaan diri.

Sesak Napas

Latihan kardio seperti berlari, berjalan, joging, dan berenang membantu meningkatkan kapasitas paru-paru.

Ketika tidak berolahraga secara teratur, otot-otot paru-paru kehilangan kekuatan dan Anda merasa cepat lelah. Bahkan hanya setelah melakukan beberapa tugas sederhana, seperti berjalan dan menaiki tangga.
 
Semakin sedikit aktivitas fisik yang dilakukan, semakin sesak napas Anda dari waktu ke waktu.

Olahraga ringan selama 30-45 menit setiap hari dan bergerak sepanjang hari sangat bermanfaat. Yakni dapat membantu mengelola berat badan yang sehat dan mengurangi risiko penyakit kronis, seperti diabetes, tekanan darah, kolesterol tinggi, dan masalah ginjal. (*)

John