Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jatim Tergarap 54 Persen

pansela jatim kabupaten malang

Pembangunan jalan Pantai Selatan Jawa (Pansela) wilayah Jawa Timur pada triwulan ketiga 2022 rampung 53,80 persen dari total panjang 627,57 kilometer. Gubernur Jatim Khofifah saat di Jembatan Umbul Kaji. (Foto: Biro Adm Pimpinan  for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Pembangunan jalan Pantai Selatan Jawa (Pansela) wilayah Jawa Timur pada triwulan ketiga 2022 telah rampung 53,80 persen dari total panjang jalan 627,57 kilometer.

Jalan sepanjang itu 627,57 kilometer membentang dari Barat ke Timur di selatan Jawa. Jalan Pansela di Jawa Timur menghubungkan Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

"Targetnya, sampai akhir tahun 2023, panjang jalan Pansela terbangun sepanjang 390,74 Km atau 62,24 persen," ungkap Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui keterangan tertulis, Kamis 29 September 2022.

Pernyataan Khofifah itu usai menyempatkan diri meninjau jalan Pansela Lot 9 (Balekambang-Kedungsalam) Kabupaten Malang pada Rabu 27 September 2022.


Khusus jalan Pansela Lot 9 ini, bakal menjadi akses pendukung perkembangan wisata pantai di Malang Selatan.

Seperti pantai Pantai Kondang Merak, Pantai Kondang Iwak dan pantai lainnya. "Saya optimistis, dengan akses jalan yang lancar menuju destinasi wisata Malang Selatan, maka pariwisata akan terdongkrak, dan ekonomi masyarakat juga akan meningkat,” tandasnya.

Menurut mantan Menteri Sosial RI ini, program pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) merupakan salah satu Program Strategis Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang statusnya ditingkatkan menjadi Program Strategis Nasional. (*)

John