Cara Menjaga Cat Mobil Tetap Cerah dan Mengkilat

tips cara menjaga cat mobil

BatuKita merangkum ada beberapa cara untuk menjaga kebersihan dan kecerahan cat kendaraan agar bertahan lama. Dengan begitu, tampilan luar mobil tetap ganteng. (Foto courtesy fixautousa for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Kebersihan dan kecerahan cat adalah hal penting dalam menjaga tampilan eksterior mobil.

BatuKita merangkum ada beberapa cara untuk menjaga kebersihan dan kecerahan cat kendaraan agar bertahan lama. Dengan begitu, tampilan luar mobil tetap ganteng.

Tips ini beberapa diantaranya dirangkum dari penjelasan Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi.

Simpan Kendaraan di Garasi

Penyimpanan kendaraan di garasi untuk menghindari terik matahari, air hujan, kotoran hewan, getah pohon dan faktor eksternal lain yang bisa merusak cat mobil.

Tutup dengan Selimut Mobil

Apabila tidak memiliki garasi, pemilik dapat menggunakan selimut (cover) mobil yang berbahan halus dan tahan terhadap cuaca. Cover mobil juga diupayakan tidak luntur.


Yang wajib diperhatikan ketika menggunakan cover mobil adalah kondisi cat dan ekterior mobil dalam keadaan kering.

Selain itu, sebelum menggunakan cover mobil, selayaknya mobil dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah kondisi lembab yang menyebabkan cat berjamur.

Hindari Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari langsung yang terus menerus mengurangi kecerahan warna cat mobil. Untuk itu, mobil sebaiknya jangan terlalu sering terkena paparan sinar matahari langsung.

Hindari Embun Malam

Embun malam mengandung zat asam seperti yang terkandung pada air hujan. Oleh karena itu, lebih baik parkir mobil di tempat beratap.

Rutin Mencuci Mobil

Cucilah mobil secara rutin, minimal seminggu sekali menggunakan air bersih dan sampo mobil. Ketika mencuci, carilah tempat yang sejuk.

Bila mencuci sendiri, bisa mencuci mobil pada pagi hari sebelum matahari terbit. Atau sore hari sebelum matahari tenggelam.

Cuci Setelah Kena Hujan

Air hujan mengandung zat asam. Jika dibiarkan kering tanpa dicuci, akan memunculkan noda dan jamur. Sehingga dapat merusak kualitas dari cat mobil.


Setelah kehujanan, sebaiknya mobil langsung dicuci dan lap sampai kering untuk menghilangkan zat asam yang dapat membuat cat mobil kusam dan berjamur.

Mencuci mobil usai kehujanan tidak harus menggunakan sampo. Membilas mobil dengan air bersih sudah cukup untuk menghilangkan air hujan dari bodi mobil.

Periksa Kondisi Cat Secara Berkala

Periksa cat bodi mobil secara berkala dari benda asing maupun cairan. Ketika ada kotoran membandel, bersihkan dengan menggunakan kain halus seperti microfiber.

Poles dengan Wax

Lakukan perawatan pemolesan dengan wax seperlunya dan jangan terlalu sering. Misalnya setahun sekali. Hal itu untuk menjaga tampilan mobil tetap dalam kondisi baik dan mengkilap.

Pemilik mobil dapat memilih material poles atau wax yang baik dan tidak berbahaya terhadap cat. Pilih wax yang bebas amonia.

Perawatan rutin pada cat mobil merupakan kunci utama menjaga tampilan eksterior mobil. Semahal apapun cat yang digunakan, tak mampu bertahan bagus dalam jangka waktu lama bila tidak dibarengi perawatan berkala. (#)

John