Hongkong Butuh Banyak Hamster untuk Petshop

hamster lucu  ekspor hongkong

Hamster adalah binatang piaraan yang banyak disukai oleh warga Hongkong, terutama anak-anak. (Foto: courtesy Mary Swift Shutterstock via petkeen for (Foto: xxxxx for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Hongkong - Pemerintah Hong Kong bersiap mencabut larangan impor hamster pada pertengahan Januari 2023 ini.

Hamster adalah binatang piaraan yang banyak disukai oleh warga Hongkong, terutama anak-anak.

Hongkong melarang impor hamster setahun lalu, ketika ada pegawai toko hewan peliharaan (petshop) terinfeksi virus Covid-19.

Setahun lalu,  lebih dari 2.000 hewan pengerat itu dimusnahkan karena kasus Covid-19 di klaster toko hewan peliharaan.

Pencabutan larangan impor hamster berdasarkan penilaian risiko terbaru, Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi (AFCD) kota. Pada Kamis 5 JAnuari 2023, mereka mengatakan pembatasan impor komersial hamster dapat dicabut.


"Pemerintah akan melanjutkan impor komersial hamster sekitar pertengahan Januari 2023," katanya juru bicara AFCD dikutip BatuKita dari Reuters.

Syaratnya, hamster harus diuji Covid-19 sebelum dapat dijual. "Kalau hasil tesnya positif, hewan itu harus dikarantina... sampai hasil tesnya memuaskan."

Pada Januari 2022, Hong Kong memerintahkan pemusnahan hamster di tengah merebaknya kasus Covid-19 varian Delta, yang ditelusuri dari pekerja toko hewan peliharaan di wilayah administrasi khusus Tiongkok.

Langkah tersebut sempat membuat marah pecinta hewan dan banyak penduduk setempat.

Seorang penjaga toko di salah satu toko Little Boss, distrik Kota Kowloon, mengatakan mereka senang hamster akan datang kembali.

Sebelumnya, hamster adalah binatang peliharaan yang menyumbang sekitar 20 persen pendapatan petshop.

"Ada sekitar belasan orang, kebanyakan anak-anak, sudah mengantre untuk membeli hamster di toko kami,” kata penjaga toko itu. (#)

John