Bimtek di UB, Ibu Dharma Wanita Blitar Cicipi Maggot

fisip ub

FISIP Universitas Brawijaya (UB) Malang bersama SDGs Center UB dan DLH Blitar menggelar bimbingan teknis daur ulang sampah. (Foto: FISIP UB for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Malang - FISIP Universitas Brawijaya (UB) Malang bersama lembaga SDGs Center UB dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar menggelar bimbingan teknis daur ulang sampah.

Peserta kali ini adalah ibu-ibu Dharma Wanita Kabupaten Blitar. Salah satu rangkaian Bimtek digelar 7 Maret 2023 di Gedung Nuswantara, lantai VII FISIP UB.

Acara berisi pemberian materi dan contoh aneka produk hasil daur ulang sampah. Para ibu Dharma Wanita diharapkan menjadi pendorong aksi daur ulang sampah di Kabupaten Blitar.

Di kesempatan ini, para peserta mencoba mencicipi maggot kering (larva lalat Black Soldier Fly) dan minum air hujan.

Mereka juga mencoba mengenakan baju, tas serta aneka kerajinan  dari bahan olahan sampah rumah tangga.

“Enak, gurih. Monggo ibu-ibu, ayo dicoba. Tidak usah membayangkan jijik, tidak usah bayar,”ungkap Efrida, narasumber dari Bank Sampah Eltari menawarkan.

Dalam kegiatan itu, sejumlah dosen FISIP UB menjadi narasumber, antara lain Dr M. Muzakki dan Mayuko Galuh Mahardika S.IP, M.IP.

"Alhamdulillah, mudah-mudahan acara ini membawa berkah demi Blitar yang bersih dari sampah, sehat, dan pembangunan lingkungan yang berkelanjutan,” ujar Wadek II FISIP UB, Dr. Ahmad Imron Rozuli, MS.i (#)

John