Simak Keuntungan Gunakan Pasir sebagai Alas Kandang Ayam

pasir sebagai alas kandang ayam

Salah satu cara mengatasi bau kandang ayam adalah menggunakan pasir sebagai alas kandang. (Foto: BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Salah satu cara mengatasi bau kandang ayam adalah menggunakan pasir sebagai alas kandang.

Seperti diketahui, bahan alas kandang ayam yang biasa digunakan adalah sekam atau sekam bakar. Beberapa praktisi membuktikan menggunakan pasir sebagai alas kandang diyakini lebih efektif dan efisien.

Ada beberapa alasan mengapa peternak perlu mencoba menggunakan pasir sebagai media alas kandang ayam. Berikut beberapa alasannya dinukil dari jualanayamhias.

Biayanya Murah dan Tahan Lama

Harga pasir terhitung lebih murah dibandingkan media lain dalam periode pemakaian. Bila peternak membersihkan secara rutin, maka alas pasir bisa bertahan lebih dari dua tahun.

Alas pasir untuk kandang ayam bisa tahan lama dan bisa jadi tidak perlu mengganti dengan media pasir lainnya. Bandingkan dengan sekam yang harus diganti dengan sekam baru dalam satu atau dua periode.

Mudah Dibersihkan

Membersihkan pasir bisa menggunakan sapu lidi dan serok sampah. Dengan begitu kotoran yang ada di atasnya cepat dan mudah diambil.


Menjaga Kandang Ayam Tetap Kering

Pasir bisa sangat kering dan tidak bisa lama menyimpan air. Dengan begitu, jamur tidak mudah tumbuh. Ini sangat menguntungkan karena ayam tidak tahan terhadap media yang basah.

Kotoran ayam pun bisa segera kering ketika jatuh ke pasir. Sehingga kondisi kandang tidak lembab dan tidak berbau karena proses pembusukan kotoran.

Bila terlalu kering dan berdebu, pasir bisa disemprot air. Penyemprotan air dilakukan ketika bekerja membersihkan kandang.

Menetralisir Suhu Udara Kandang Ayam

Bila suhu udara panas, media pasir justru bisa membantu menetralisir gelombang udara panas.

Menghemat Pakan Ayam

Makanan yang berjatuhan tidak mudah bersembunyi di dalam pasir. Dengan mudah ayam mematuk makanan yang ada di bawah pasir. Dengan begitu, tidak ada makanan yang terbuang percuma sehingga bisa menghemat pakan.

Ramah Lingkungan

Pasir berasal dari alam yang pasti bebas dari zat-zat kimia berbahaya yang bisa meracuni ayam.

Membantu Membersihkan Kaki Ayam

Media pasir yang remah dan tidak lengket bisa membantu membersihkan sela-sela kaki ayam yang kotor terkena kotoran ayam.


Jangan Campurkan Sekam atau Serbuk Kayu

Serpihan kayu atau sekam akan menyimpan air. Sehingga akan mengurangi efektivitas pasir dalam menyerap air atau cairan.

Mudah saat Penggantian

Teknik mengganti pasir sebagai alas kandang ayam sangat mudah. Pertama gunakan masker untuk melindungi dari polusi udara.

Setelah itu semprotlah pasir menggunakan sprayer dengan tekanan ringan. Tujuannya agar pasir basah dalam skala medium.

Baca pula: Pakan Ayam dari Limbah Makanan Sisa, Begini Cara Membuatnya

Selanjutnya gunakan sekop pasir untuk mengangkut keluar pasir lama dari kandang. Setelah proses ini selesai, bawa masuk pasir yang baru untuk diletakkan di dalam kandang. Selamat Mencoba! (#)

John