Nasi Padang Ini Kuat Disimpan Setahun, Masa Sih

nasi padang

Peneliti Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat menciptakan Nasi Padang Instan yang awet setahun. Foto adalah ilustrasi. (Foto courtesy pergikuliner for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Padang - Nasi Padang yang kuat disimpan setahun? Ada lho. Namanya Nasi Padang Instan.

Peneliti Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat menciptakan Nasi Padang Instan yang awet setahun.

Hebatnya lagi, umur simpan hingga setahun itu dalam suhu ruangan atau tanpa pendingin.


Ketua tim peneliti Nasi Padang Instan Dr Feri Arlius Dt. Sipado mengatakan kehadiran Nasi Padang Instan berawal dari keresahannya pada saat terjadi bencana alam. "Karena pengungsi hampir setiap hari hanya mengonsumsi mie instan,".

"Alhamdulillah dari hasil penelitian dengan tim, berhasil membuat Nasi Padang Instan ini dengan lauk rendang atau dendeng. Terdiri dari nasi putih, sayur dan lauk. Dilengkapi juga dengan alat pemanas instan," kata Feri di Padang, Kamis 15 Juni 2023, dicuplik BatuKita dari Antara.
 
nasi padang instan universitas andalas
Peneliti Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat menunjukkan Nasi Padang Instan (Foto courtesy khazminang,id  for BATUKITA.com)

Menurut dia Nasi Padang Instan ini hanya perlu ditambah air. Lalu dalam waktu 10 menit bisa memasak nasi dan sayur mayur tanpa memerlukan bahan pemasak lainnya seperti kompor atau gas.

Ia menjelaskan Nasi Padang dibuat melalui proses sterilisasi. Kemudian nasi dan lauknya dibungkus plastik vakum kedap udara. Dalam kondisi vakum, makanan tidak terkontaminasi bakteri dan kemasan bisa tahan hingga satu tahun di suhu ruang atau tanpa lemari pendingin.

Menurut Feri, produk ini sudah mendapat apresiasi dari Gubernur Sumbar Mahyeldi sebagai inovasi dan karya nyata untuk keilmuan dan masyarakat.  Inovasi ini dapat menjadi solusi ketika ada bencana. Juga bisa untuk logistik TNI dan konsumsi jemaah haji.


"Untuk produksi saat ini masih terbatas di laboratorium saja. Kampus core-nya bukan bisnis, jadi kami hanya alih teknologi, silahkan dimanfaatkan. Dan, dari beberapa diskusi sudah ada beberapa investor yang tertarik untuk memproduksi secara massal dan saat ini sedang melakukan kalkulasi bisnis," kata dia.

Baca pula: Nasgor Caisim, Resep Nasi Goreng Paling Mudah

Nasi Padang Instan ini juga hadir di salah satu stand Pameran Pembangunan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan di ajang Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI, Padang, Sumatera Barat.(#)

Hana