Tanaman Pengusir Nyamuk Alami Paling Ampuh, Coba Saja

tanaman zodia pengusir nyamuk

Dari beragam flora pengusir nyamuk, tanaman jenis zodia mempunyai efek pengusir nyamuk paling kuat alias paling ampuh (Foto: courtesy for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Dari beragam flora pengusir nyamuk, tanaman jenis zodia mempunyai efek pengusir nyamuk paling kuat alias paling ampuh.

Salah satu kelebihan zodia yaitu sifat minyak asirinya yang mudah keluar dari daun hanya dengan gesekan kecil.

Selain digunakan sebagai pengusir nyamuk, minyak asiri zodia juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas gigitan serangga dengan cara digosokkan di kulit. 

Baunya yang wangi bisa sekaligus menjadi parfum. Demikian menurut arsip Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balitro) Bogor (2005).

Kandungan minyak asiri berbeda di masing-masing tanaman pengusir nyamuk. Meski berbeda, minyak asiri itu dibenci serangga, disukai manusia.. 


Minyak asiri zodia mengandung komponen utama linalool. Tanaman selasih mengandung eugenol, geraniol, dan linalool. Geranium punya kandungan geraniol.

Lavender mempunyai kandungan asiri bernama linalool dan linalil asetat. Tanaman rosemary mengandung linalool, borncol, dan kamfor. 

Minyak-minyak aromatis inilah yang membuat nyamuk tidak suka tetapi tetap aman buat manusia. Bagi manusia, juga sering dipakai untuk minyak aromaterapi.

Meski baunya mirip, minyak asiri alami berbeda dengan aroma yang terdapat di dalam produk obat nyamuk. 

Sebagai contoh, minyak asiri lavender hasil destilasi punya aktivitas anti nyamuk. Namun, pada obat nyamuk oles, yang bekerja sebagai pengusir nyamuk adalah DEET-nya (dietiltoluamida), bukan aroma lavendernya.

Dibanding dengan obat nyamuk kimia sintetis, kemampuan tanaman-tanaman ini mengusir nyamuk memang kalah kuat. Tanaman-tanaman ini hanya membuat nyamuk menyingkir, tidak membasminya. Nyamuk tetap ada tapi jumlahnya berkurang.


Cara Mengeluarkan Minyak Asiri 

Agar bisa menghalau nyamuk, minyak asirinya harus keluar dari daun atau bunganya lebih dulu. 

Untuk tanaman hidup, cara paling efektif ialah dengan mengusik daunnya. Hanya saja, cara ini tentu kurang praktis. 

Biar gampang, tanaman bisa ditaruh di dekat jendela, lubang angin, atau tempat yang terjangkau kipas angin. 

Khusus untuk zodia, bisa ditempuh cara lain. Untuk mengeluarkan minyak asirinya, ujung-ujung daunnya bisa dilukai. Misalnya dengan diremas.

Agar tidak mengganggu pertumbuhannya, daun yang dilukai tak perlu banyak-banyak. Sehari cukup 5-10 helai daun tiap tanaman. 

Hari berikutnya pindah ke daun lain untuk memberi kesempatan daun yang luka "mengobati" diri.

Radius minyak asiri alami zodia sekitar 1 meter. Sehingga untuk pengusir nyamuk, sebaiknya didekatkan ke pengguna. Atau punya banyak tanaman zodia sehingga bisa melingkupi semua ruangan.

Setidaknya seminggu sekali, flora pengusir nyamuk ini harus dikeluarkan dari ruangan untuk mendapatkan sinar matahari. Dengan begitu, tanaman bisa terus tumbuh optimal.

Jika ingin memperoleh daya tolak nyamuk yang lebih kuat, bisa menggunakan zodia sebagai obat oles. 


Caranya, tumbuk daunnya kemudian lumat atau blender dengan air. Peras, lalu gunakan perasannya sebagai obat oles. 

Dalam bentuk destilat, minyak asirinya bisa disemprotkan ke kulit atau pakaian dengan menggunakan sprayer seperti minyak wangi buatan pabrik.(#)

Yosi Arbianto