Mengintip Menu Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN 2023

kepiting saus andaliman

Koordinator juru masak, Chef Arnold Poernomo menghidangkan menu bertema Nusantara The Forest untuk para peserta KTT ASEAN 2023. Menu pembuka (appetizer) bagi tamu VVIP adalah Kepiting Andaliman dari Sumatra Utara. Andaliman disebut juga "merica" khas Batak. (Foto ilustrasi: courtesy tasteatlas for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Jakarta - Gala dinner Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) 2023 menyajikan menu istimewa.

Acara makan malam ini diadakan di Hutan Kota Gelora Bung Karno yang berada di Kompleks Stadion GBK Senayan, Rabu 6 September 2023.

Koordinator juru masak, Chef Arnold Poernomo menghidangkan menu bertema Nusantara The Forest untuk para peserta KTT ASEAN 2023.

Manajemen menu pun ditata sedemikian rupa agar seluruh peserta KTT ASEAN 2023 bisa menikmati makanan istimewa.

Menu dibagi dua kelompok besar. Yakni menu untuk VVIP dan menu untuk tamu VIP. Yang termasuk tamu VVIP adalah kepala negara dan pemimpin organisasi internasional.

Lalu menu untuk setiap kelompok tamu dibagi tiga kategori. Yakni menu pembuka (appetizer), menu utama dan menu penutup (dessert).

Tak cukup itu, setiap kategori masih dibagi lagi. Yakni menu umum, menu vegetarian dan menu pescetarian (penyuka olahan ikan)   


Hidangan Pembuka

Menu pembuka (appetizer) bagi tamu-tamu VVIP adalah Kepiting Andaliman dari Sumatra Utara. Andaliman disebut juga "merica" khas Batak.

Terdiri dari mud crab salad (salad kepiting), buah semangka, andaliman pepper aioli (saus aioli andaliman), pumpkin seeds (kuaci), dan baby spinach (bayam).

Menu pembuka untuk tamu VIP bernama ASEAN Assiette (“piring” ASEAN). Berupa chicken mushroom terrine (ayam jamur dimasak terrine-seperti kornet). Lalu ada bebek betutu tart (tarbebek betutu), beef curry puff (karipap sapi), dan seafood roulade (seafood gulung).

Bagi peserta VVIP yang memilih menu vegetarian, tersaji menu pembuka (appetizer) berupa salad semangka dari Sumatra Utara terdiri dari keju ricotta, kuaci, saus mustard, dan daun kale.

Sedangkan untuk tamu VIP vegetarian, menu pembuka adalah rujak buah Jawa. Isinya compressed mango (manisan mangga), pickled young papaya (acar pepaya muda), pomelo (jeruk bali), pomegranate (delima), lime gel (agar-agar lemon), tapioca crackers (opak).


Hidangan Utama

Untuk hidangan utama (main course) bagi tamu VVIP berupa daging kecap dari Jawa. Menu ini terdiri dari soy glazed Lampung wagyu cheek (daging pipi sapi masak kecap Lampung), kenikir chimichurri (saus kenikir), kentang, dan kubis brussel.

Sedangkan hidangan utama tamu VIP adalah nasi campur Nusantara dari Sumatra Barat dan rawon dari Jawa Timur.

Sajiannya terdiri dari nasi kemangi, braised beef short rib (iga sapi) dengan kuah rawon, acar timun, sosis ayam, dan sambal ayam pop.
 
menu gala dinner ktt asean 2023
Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menikmati pertunjukkan saat Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN di Hutan Kota Plataran, Kompleks GBK, Senayan, Jakarta, Rabu (6/9/2023). (Foto: Media Caenter KTT ASEAN 2023/Agus Suparto/pras. for BATUKITA.com)
 
Para vegetarian dari kelompok VVIP mendapatkan menu utama vichyosse (sup) dari Jawa. Isisnya terdiri dari kentang, kubis brussel, raisin (kismis kuning), cauliflower (bunga kol).

Sementara untuk tamu VIP vegan, disiapkan nasi campur nusantara dan rawon, seperti pada menu VIP nonvegetarian.

Disiapkan pula menu utama berisi olahan ikan untuk yang menyukai pescetarian. Isinya yakni nasi campur nusantara dan coconut curry (kari santan) yang merupakan masakan Sumatra Barat dan Jawa.

Terdiri dari nasi kemangi, gulai seabass, acar timun, jamur saus kelapa, sambal pop, opak, dan minyak daun kari.


Hidangan Penutup

Untuk menu penutup (dessert) disajikan Nusantara Urban Forest (IKN). Isinya terdiri dari cokelat, spiced banana (pisang berbumbu), jasmine apple (apel melati), dan matcha moss (saus teh hijau). (#)

Hana