Mahfud Terpilih Ketua Umum KONI Batu 2018-2022

ketua umum koni batu 2018-2022 mahfud


BATUKITA (KOTA BATU)-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu menggelar Musyawarah Olahraga Kota (Musorkot) di Hall Arjuna Taman Rekreasi Selecta, 07-08 Desember 2018.
Dalam pemilihan ketua baru itu, Drs Mahfud terpilih sebagai Ketua Umum KONI Kota Batu periode 2018-2022. Mahfud bukanlah orang baru di KONI Batu. Ia sebelumnya menjabat sebagai sekretaris.

Keterangan foto:
Ketua Umum KONI Batu terpilih Drs Mahfud memberikan sambutan di atas podium (Foto: Muklas/BATUKITA.com).

Selain pemilihan ketua, acara dua hari itu juga membahas laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2014-2018, evaluasi keorganisasian KONI 2014-2018, serta membahas dan merancang AD-ART intern. Kemudian, pembahasan program 2018-2022 dan koordinasi KONI Batu dengan KONI Jatim.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko didapuk membuka acara. Menurutnya siapa pun boleh mengajukan nama dan mencalonkan diri. Bahkan, seorang politisi pun bisa mencalonkan diri jadi ketua KONI. Namun, yang perlu diingat saat di KONI, harus tahu ruang dan aturan main.

Walikota perempuan pertama di Kota Batu ini menegaskan, kalau berada di lingkungan KONI, harus bicara kemajuan olahraga dan prestasi atlet. Serta bisa membuat kompetisi yang adil dan fair. 
”Saya optimistis orang yang memimpin KONI memiliki jiwa olahraga dan punya niat baik memajukan KONI. Ketika pengurus politik masuk, tetap harus berbicara prestasi olahraga,” kata Dewanti.

Gatut Suseno, Wakil Sekretaris Umum I KONI Jatim mengatakan, di akhir tahun 2018 sangat tepat memilih ketua baru. Sebab pada 2019 diadakan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov). Tentu butuh semangat baru dan visi misi baru.

Selain itu, lanjut dia, pilihlah ketua umum yang berkredibel dan punya kapasitas. Bisa berkomunikasi dengan para cabor, bisa koordinasi dengan baik, juga punya kematangan wawasan dunia olahraga. 
”Sehingga muncul ketua umum yang paripurna. Mau suka atau pun tidak suka, harus bisa koordinasi dengan baik. Pemimpin yang berguna dan mau berprestasi. Mencintai olahraga dan sukses, " tegas Gatut.

Sementara itu, dalam detik-detik pemilihan ketua baru, bakal ketua KONI ada lima. Yakni Slamet Muchsin, Sentot Ariwahyudi, Mahfud, Safrudin Rassul dan Sinal Abidin. 
Namun, dalam pemilihan yang disaksikan sekitar 150 orang itu, secara pribadi Slamet Muchsin dan Sentot Ariwahyudi mengundurkan diri. Sehingga kubu mereka berdua memberikan hak suara ke Mahfud.

Dalam pemilihan, Mahfud memeroleh total 15 suara, Syafruddin Rosul 6 suara dan Sinal Abidin 5 suara. Mahfud pun terpilih menahkodahi KONI periode 2018-2022.

Hadir menyemarakkan pembukaan Musorkot KONI: Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Ketua DPRD Cahyo Edi Purnomo, Wakil Ketua DPRD Hari Danah Wahyono, dan anggota DPRD Dedy Alwani.

Ada pula Kemudian, Waketum II KONI Sentot Ariwahyudi, Waketum III KONI Cahyono Hadi, Humas KONI Lestari, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Eny Rachyuningsih, Kabid Olahraga Mawardi, serta beberapa perwakilan KONI Jatim dan pengurus cabang olahraga.

Tampak pula mantan Ketua Umum KONI periode 2014-2018 Ir Zainul Arifin Kr, Direktur PDAM Kota Batu Eddy Sunady, Direktur Selecta Samuel Rusdi, pembina paduan suara Amandus Gabhe Jao. Acara semakin meriah dengan dihadirkan tim paduan suara Spy Voice dari SMA Negeri 1 Batu menyanyikan Mars Patriot yang mengema seluruh di Hall Arjuno Selecta. (*)

Editor: John