Ingin Liburan ke Kota Batu di Musim Hujan? Ini Tipsnya

pemandian air panas cangar


BATUKITA (KOTABATU)-Liburan sekolah yang bertepatan dengan libur Natal dan Tahun Baru 2018 banyak dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata. Inilah saatnya melepas penat dari rutinitas pekerjaan dan aktivitas rutin. Kota Batu menjadi destinasi yang layak dikunjungi. Selain terdapat banyak lokasi wisata, hawa yang sejuk juga menjadi pertimbangan utama. Tapi sekarang kan musim hujan?

Wisatawan menikmati hangatnya air belerang di Wisata Pemandian Alam Cangar Kota Batu. (Foto: BATUKITA.com).

Tak perlu khawatir dengan cuaca mendung dan hujan berhari-hari. Lakukan persiapan terlebih dahulu. Yang paling penting adalah harus jeli memilih tempat hiburan.
Berikut tips berlibur di Kota Batu saat musim hujan yang dirangkum BATUKITA.com:

1. Pemandian Air Panas bisa menjadi pilihan asyik
Saat musim hujan, pantai dan puncak gunung bisa dikatakan menjadi pilihan yang tidak bersahabat. Untuk itu, coba pemandian air panas seperti yang ada di Kota Batu. Ada dua pemandian air panas, yakni air panas Cangar dan kawasan Songgoriti. Hmmm, bayangkan nikmatnya berendam air belerang hangat ketika hujan turun.

2. Pilih tempat rekreasi dalam ruangan atau indoor
Destinasi indoor adalah pilihan terbaik saat musim hujan. Banyak tempat wisata Kota Batu yang indoor. Misalnya museum satwa, museum angkut, museum tubuh, Jatim Park 2, Jatim Park 3, Galeri Raos, cafe atau lounge di hotel, dan wisata pusat perbelanjaan.

3. Cari kuliner yang menghangatkan badan
Banyak pilihan macam kuliner yang ada di Kota Batu. Pilihlah minuman berbahan jahe atau rempah-rempah yang menghangatkan. Hindari terlalu banyak minum es. Untuk makanan, sebaiknya pilih makanan berkuah dan hangat. Misalnya rawon, soto, sup, atau makanan yang menggunakan bumbu merica.

4. Rajin pantau perkiraan cuaca
Untuk memantau cuaca, cukup cek secara reguler diaplikasi telepon pintar anda. Ada beragam aplikasi yang ditawarkan.
Hal ini perlu dilakukan sebelum berangkat liburan, karena sangat tidak nyaman saat kita liburan ternyata cuaca sedang benar-benar tidak mendukung, seperti hujan deras disertai angin dan petir.

5. Gunakan pakaian hangat dan pelindung hujan
Saat musim dingin seperti sekarang, sweater dan jaket sangat bisa diandalkan. Jangan lupa juga membawa kaos kaki juga payung atau jas hujan plastik. Karena peralatan itu sangat dibutuhkan.

Untuk pengendara motor, jangan lupa jas hujan, sepatu cadangan dan pakaian kering. Sebab sangat tidak nyaman ketika berwisata dengan kondisi sepatu dan baju basah. Selamat berlibur di Kota Batu.(*)

Penulis: Muklas