Hujan Deras Disertai Angin Kencang , 22 Pohon Tumbang, 4 Orang Luka

pohon tumbang di kota malang timpa mobil kijang innova

Pohon tumbang akibat hujan deras dan angin kencang di Jalan Kartini Kota Malang menimpa sebuah mobil Innova. (Foto: Agus for BATUKITA.com)

BATUKITA (KOTA MALANG) - Hujan deras disertai angin kencang terjadi di Kota Malang, Selasa (19/2/2019) siang sekitar pukul 13.00. Hujan dan angin kencang itu menyebabkan pohon patah hingga tumbang, rumah rusak, kerusakan sarana umum, korban luka hingga mobil ringsek.

Berdasarkan pendataan Pusdalops BPBD Kota Malang hingga  pukul 22.00, sedikitnya 22 pohon tumbang dan patah.  Empat orang luka-luka karena tertimpa pohon dan cabang pohon yang patah. Sepuluh rumah  rusak berat hingga ringan. Lalu dua mobil tertimpa pohon. Sedikitnya 10 sepeda motor rusak tertimpa pohon. Dan tiga warung rusak tertimpa pohon. Beberapa sarana umum seperti jaringan komunkasi dan tiang listrik juga rusak.

Dijelaskan Plt Kepala BPBD Dr Handi Priyanto AP, MS.i, lokasi pohon tumbang yang terdata ada di 22 titik. Semuanya sudah tertangani karena bekerjasama dengan pihak-pihak terkait dan Disperkim Kota Malang. 

Lokasi  pohon tumbang ada di :
Jl. Kartini, Kel. Klojen Kec. Klojen
Jl. Bandung Kel. Penanggungan Kec. Klojen
Jl. Dr. Cipto depan SMPN 3
Jl. Urip Sumoharjo Kel. Ksatrian Kec. Blimbing
Jl. Veteran Kel. Penanggungan Kec. Klojen
Jl. Tumenggung Suryo Kel. Purwantoro Kec. Blimbing
Jl. Dr. Soetomo Kel. Klojen Kec. Klojen
Jl. Brigjen Slamet Riadi Kel. Oro-oro Dowo Kel. Klojen
Jl. Trunojoyo Kel. Kiduldalem Kec. Klojen
Jl. Kertanegara Kel. Kiduldalem Kec. Klojen
Jl. Bogor Kel. Penanggungan Kec. Klojen
Jl. Bungur Kel. Lowokwaru Kec. Lowokwaru
Jl. Baluran Kel. Oro-oro Dowo Kec. Klojen
Jl. Gilimanuk Kel. Lowokwaru Kec. Lowokwaru
Jl. Semeru Kel. Oro-oro Dowo Kec. Klojen
Jl. Sultan Agung Kel. Klojen Kec. Klojen
Jl. Surabaya Kel. Gadingkasri Kec. Klojen
Jl. Kacapiring Kel. Tulusrejo Kec. Lowokwaru
Jl. Anggur Kel. Pisangcandi Kec. Sukun
Jl. Mayjend Panjaitan Kel. Penanggungan Kec. Klojen
Jl. Kahuripan Kel. Kauman Kec. Klojen
Jl. Mahakam Kel. Rampalcelaket Kec. Klojen

Akibat pohon tumbang itu, ada  empat orang yang mengalami luka. Mereka luka tertimpa pohon dan cabang. Terdiri dari dua orang pengendara sepeda motor luka berat  dan dua penumpang mobil luka ringan.

Pohon yang tumbang di Jalan Kartini berjenis pohon kenari dengan tinggi sekitar 15 meter, diameter 1 meter. Pohon ini menimpa mobil Innova yang warung kaki lima. Lalu satu tiang listrik dan tiang PJU roboh. Kabel listrik dan telepon terputus.

Pohon yang tumbang di Jalan Dr. Cipto, depan SMPN 3 Malang  menimpa sepeda motor dengan korban dua orang (suami-istri) terluka. Sedangkan pohon tumbang di Jalan Bandung menimpa mobil Livina dan pengemudinya terluka.

Untuk pohon tumbang yang ada di jalan Urip Sumoharjo berjenis pohon waru dengan tinggi kurang lebih 10 meter dan diameter 60 centimeter. Pohon ini menutup ruas jalan serta menghambat arus lalu lintas.

Pohon yang tumbang di Jalan Kertanegara menimpa sedikitnya 10 sepeda motor yang sedang parkir. Lalu pohon tumbang di Jalan Baluran berjenis kenari dengan tinggi sekitar 20 meter diameter kurang lebih 1 meter. Pohon ini menimpa satu rumah menyebabkan atap rumah rusak sepanjang 15x3 m. Pagar juga rusak dengan ukuran 2x3 m, kabel listrik dan telepon rusak.

Pohon tumbang di Jalan Veteran (Parkiran sebelah Matos) menyebabkan satu warung rusak berat dan dua warung rusak ringan.

Tidak hanya pohon dan sarana umum, hujan deras disertai angin kencang juga menyebabkan beberapa atap rumah rusak. Sedikitnya sepuluh rumah rusak. Di Kelurahan Samaan terdapat empat rumah rusak berat pada atap, satu rumah rusak sedang, dan lima rumah rusak ringan.

Rumah yang rusak berat milik :
  1. Edward Sutrisno Jl.  Tirta Gangga no. 7 RT. 09/RW.05, rusak pada bagian atap dengan ukuran 3x8 meter
  2. Suminah Jl. tirta gangga no. 1B RT.09/RW.05, rusak pada atap di bagian kamar tidur, gudang, dapur, kamar mandi dengan luas total kurang lebih 9x5,5 m
  3. Sudjiono Jl. Kaliurang Barat V/1380 RT.04/RW.07, rusak pada bagian atap ruang tamu dan teras
  4. Rumah di Jl. Hasanudin 47 RT.02 RW.01, rusak pada bagian atap

Sedangkan rumah yang rusak sedang milik Andik Siswanto, Jl. Candi Kusuma I/6 RT.08/RW.05 rumah rusak bagian atap lantai 2 tempat jemuran 2x3 asbes gelombang. TPQ penyangga atap patah ukuran 4x6

Untuk rumah yang rusak ringan milik:
  1. Rumah di Jl. Tirta Gangga No. 5 RT.08/RW.05
  2. Sudjani, Jl. Tirta Gangga 23 RT.09/RW.05, rusak pada atap ruang tamu berupa asbes gelombang
  3. Rudi Krisbiantoro, Jl. Tirta Gangga 7B RT.09/RW.05 ,rusak pada atap kejatuhan blandar dan atap tetangga.
  4. Ponisah, Jl. Tirta Gangga 5 RT.09/RW.05, rusak pada genteng yang berjatuhan
  5. Bukhori Jl. Tirta Gangga RT.08/RW.05, rusak pada genteng yang berjatuhan

Pihak BPBD memperkirakan kerugian mencapai  sekitar Rp 210 juta. BPBD juga merekomendasikan adanya bantuan dari pihak-pihak terkait meliputi paket sembako, selimut, family kit dan terpal. (*)

Penulis: Ardi Nugroho
Editor: John