Hujan Lebat Masih Memayungi Jawa Timur

Prakiraan cuaca BMKG di wilayah Kota Batu untuk Senin (11/3/2019).

Prakiraan cuaca BMKG di wilayah Kota Batu untuk Senin (11/3/2019). (Foto: BATUKITA.com).

BATUKITA (KOTA BATU) - Hujan lebat, petir dan angin kencang sesaat masih akan terjadi di Jawa Timur dalam beberapa hari ke depan, hingga 14 Maret. Berdasarkan peringatan dini Kantor Pusat BMKG, beberapa wilayah bakal terjadi hujan lebat, petir dan angin kencang di siang hari.

Wilayah-wilayah terdampak antara lain Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Bangkalan, Kabupaten Madiun, Tulungagung, Trenggalek, Gresik, Nganjuk, Sampang, Ponorogo, Pacitan, Blitar, Probolibggo, Lamongan dan Lumajang.

Prakiraaan cuaca BMKG periode 8-14 Maret 2019 menjelaskan, fenomena Madden Julian Oscilation (MJO) yang tumbuh dan berkembang di Samudera HIndia sejak beberapa hari lalu masih ada.

Fenomena MJO memberikan dampak peningkatan curah hujan di Indonesia. Pada periode 8-14 Maret 2019, hujan lebat akan terkonsentrasi di wilayah Jawa, Indonesia tengah dan Indonesia bagian timur.

Potensi  gelombang tinggi 2,5 -4 meter juga terjadi di selatan Jawa Timur ke arah Selat Bali, Sumbawa hingga perairan selatan Ambon. Demikian penjelasan Deputi Bidang Meteorologi, Drs R Mulyono R Prabowo M.Sc. (*)

Penulis: Ardi Nugroho
Editor: John