Ini Wahana dan Atraksi di Jatim Park 1 Kota Batu

superman coaster

Superman coaster menjadi salah satu wahana unggulan di Jatim Park 1 (Foto-foto: Jatim Park 1 for BATUKITA.com).

BATUKITA (KOTA BATU) - Tempat wisata Jatim Park 1 Kota Batu adalah lokasi wisata milik Jatim Park Group yang berdiri semenjak 2.000. Jatim Park 1 layak dikunjungi anak-anak beragam usia, termasuk remaja dan dewasa. Bermacam wahana dan atraksi disajikan pengelola untuk memberikan edukasi sekaligus hiburan.

Hingga Maret 2019, ada sedikitnya 63 wahana dan atraksi  di Jatim Park 1. Berikut ini wahana dan atraksi di Jatim Park 1:

1. Galeri Etnik Nusantara
Hallway berisi rumah adat Indonesia. Di sini kamu bisa merasakan berkeliling Indonesia. Di Galeri Etnik Nusantara ini, pengunjung bisa melihat perbedaan sosial budaya suku-suku di Indonesia. Misalnya suku Jawa, Batak, Manado, Madura, hingga Papua.

Di dalam galeri ini juga menyimpan alat musik, makanan khas, pakaian tradisional, kebudayaan dan rumah adat dari beberapa suku di Indonesia. Tersedia juga layar dengan aplikasi interaktif agar pengunjung isa belajar pengetahuan budaya Indonesia.


2. Etnik Papua

3. Etnik Jawa Timuran
Salah satu unggulannya adalah etnis Madura. Telisik masa lampau Kota Madura. Jelajahi juga simbol-simbol dan artefak budaya masyarakat Madura.


4. Diorama Kimia dan Biologi
a. Tesla Coil
Tesla Coil adalah sebuah sistem penghantar energi listrik tanpa kabel ciptaan Nikola Tesla pada 1891. Tesla Coil dalam bahasa inggris disebut sebagai air-cored resonant transformer. Artinya adalah transformator dengan sistem resonansi yang menggunakan udara sebagai intinya.


b. Etno Botani alias tanaman obat tradisional
c. Bahan dan Alat Laboratorium
d. Hall of Fame Penemu Dunia
e. Sistem Periodik Unsur Kimia
f. Bar Kimia
g. Pelajaran Tanaman Dikotil dan Monokotil
h. Pelajaran Reproduksi Tanaman Berbunga
i. Molekul Vitamin

5. Taman Fisika

6. Science Center dan  Science Stadium

7. Tanaman Buah dan Sayur

8. Convoy Boat

9. Taman Sejarah
a. Taman Arca Dewata
b. Miniatur Candi Tikus
c. Miniatur Gapura Astatinggi
d. Miniatur Candi Jawi
e. Miniatur Patung Buddha
f. Miniatur Stupa Sumberawan
g. Adegan Prasejarah

10. Galeri Numismatik

11. Diorama Momentum Sejarah Bangsa

12. Keraton Nusantara

13. Balai Undagi dan Sentra Batik
Gratis melukis gerabah dan membatik

14. Galeri Pos Indonesia

15. Galeri Kumpulan Binatang Mitologi

16. Adegan Prasejarah

Zona Taman Bermain Anak

17. Midi Skater

18. Tour Bus

19. Ulat Coaster
Ulat hijau ini mengajak anak berpetualang, memberikan keceriaan bagi buah hati. Tanjakan dan turunan menggambarkan serunya meluncur di dunia ulat. Ulat Coaster cocok untuk anak-anak di bawah 5 tahun. Kapasitas 6 anak dan 1 anak setiap gerbongnya.


20. Convoy Car

21. Mini Swinger

22. Sky Copter

23. Rumah Bermain

24. Mini Jet

25. Photo Corner

26. Froggy
Froggy membuat pengunjung merasakan pengalaman mendarat dari ketinggian. Serasa jantung masih tertinggal di atas. Kapasitas 7 anak berjajar. Teriakan seru bakal kelua dari mulut pengunjung.


27. Children Playground

28. Arena Ketangkasan

29. Candy Kingdom

30. Bouncy Castle

31. Trampolin

32. Jumping Bike Battery Car

33. Waterboom
Terdiri dari kolam renang dewasa dan anak-anak. Ada berbagi model water slide dengan ketinggian hingga 20 meter. Waterboom Jawa Timur Park 1 juga dilengkapi kolam arus yang mengantar berkeliling area waterboom dan wahana outbond air. Pengunjung juga bisa merasakan ditumpahi air berliter-liter dengan Water Bucket.


34. 360° Pendulum
Di Pendulum 360°, pengunjung bisa merasakan rasanya diputar-putar hingga 360°. Selain diputar-putar,  juga dibawa sampai ke ketinggian. Dengan kapasitas 13 orang, pengunjung ikut berayun dan berputar terbalik di atas ketinggian. Tidak hanya berputar horizontal, penumpang juga diputar secara vertikal. Setiap putaran terasa menegangkan dan mencekam. Aa......


35. Flying Fox

36. Sky Ride
Wahana Sky Ride mengajak pengunjung menikmati pemandangan di sekitar Jatim Park 1 dari atas. Pengunjung dapat melihat pemandangan Gunung Panderman, Gunung Arjuna hingga Gunung Banyak. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat wahana-wahana lain di Jatim Park 1, seperti Volcano Coaster, Water Boom, dan area lainnya. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen indah dari atas.


37. Star Chase

38. Gokart

39. Mocil

40. Samba Balloon

41. Bumper Boats

42. Keraton Hantu

43. Mini Train

44. Dog Ride

45. Galaxy Bumper Car

46. Flying Tornado
Flying Tornado mengajak pengunjung berputar di ketinggian dengan formasi berbeda-beda di setiap detiknya. Kapasitas kursi 30 orang. Sehingga wisata berombongan akan lebih seru ketika bersama-sama menaiki Flying Tornado.


47. Spinning Coaster
Spinning Coaster adalah kereta bundar yang berputar sambil berjalan di rel.  Isinya 4 penumpang. Pengunjung bakal tidak menduga posisinya disetiap tanjakan, turunan dan kelokan tak beraturan.  Kereta ini akan membawa penumpangnya pada arah yang acak dikecepatan tinggi. Spinning Coaster merupakan wahana yang bisa dinaiki pengunjung berbagai usia.


48. Air Borne Shot

49. Aero Test

50. Dragon Coaster
Di Science & Coaster Park, pengunjung bisa menunggangi naga yang melaju dengan kecepatan tinggi. Dragon Coaster dengan tema Chinese dragon dengan kapasitas 8 orang dewasa maupun anak-anak. Dengan dua kali putaran,  pasti kamu dan teman-teman turun dengan deg-degan.


51. Carnivalloween

52. Funtastic Swimming Pool
Funtastic Swiming Pool merupakan wahana air terbesar yang dimiliki Jawa Timur Park Group. Terdapat juga fasilitas kolam arus, banana boat dan area ketangkasan di atas air. Kolam dikelilingi dengan wahana-wahana ekstrim, patung Ken Arok yang menjadi ikon Jawa Timur Park 1. Pemandangan Gunung Panderman juga terlihat jelas.


53. Bioskop 3D

54. Flying Fox

55. Sky Swinger
Menikmati pemandangan Kota Batu dari ketinggian sambil berayun bersama orang spesial? Coba Sky Swinger. Keindahan pegunungan yang mengelilingi Kota Wisata Batu bisa dilihat dari wahana ini. Kapasitas dua orang dengan ketinggian lebih dari 15 meter.


56. Superman Coaster
Bila ingin merasakan sensasi memacu adrenalin, Superman Coaster bisa menjadi pilihan.  Superman Coaster menawarkan sensasi roller coaster yang bergerak cepat. Dengan liukan tajam hingga lintasan yang memutar, pasti membuat jantung berdetak kencang. Yuk dicoba!


57. Mamogu Show

58. Rumah Pipa

59. Fish Park

60. Amphitheater

61. Volcano Coaster
Bagaimana ya rasanya berkendara dengan kecepatan tinggi menembus gunung berapi yang bisa meletus ? Pastinya seru dan menegangkan. Cobalah wahana Volcano Coaster. Wahana roller coaster  ini membawa pengunjung melintasi pegunungan menuju ke puncak. Kemudian meluncur turun menembus gunung dengan kecepatan tinggi.


62. Pasar Wisata
a. Kios Bunga
b. Kedai Nusantara

63. Pasar Buah dan Hewan


Penulis: Ardi Nugroho
Editor: John