Mie Lendir, Makanan Berkuah Kental Enak dari Batam Kepri

mi lendir khas batam riau

Mie lendir khas Kepri (Foto: hitsbanget.com for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Batam - Makanan khas Riau ini menggugah penasaran. Tapi jangan jijik dulu setelah membaca namanya. Lendir dalam Mie Lendir di sini hanya untuk menyebut kuahnya yang kental dan bercita rasa khas. 

Mie lendir sangat terkenal di wilayah Riau dan Batam serta mudah ditemukan di pojok-pojok kota. Harganya murah saja. Cukup merogoh kocek Rp10.000 hingga Rp15.000, sudah bisa mencicipi nikmatnya Mie Lendir. 

Sejarah Mie Lendir di Batam dituturkan sastrawan dan budayawan Melayu Riau, Rida K. Liamsi.

Dikutip dari sahabatufs.com , Mie Lendir pertama kali dibuat oleh seorang pedagang Jawa bernama Sailun

Mie istimewa tersebut dijual dengan cara berkeliling kota pada tahun 1960-an hingga populer dengan nama Mie Pak Sailun. 

Setelah Pak Sailun wafat, bisnis kulinernya diteruskan oleh pedagang Jawa lain yang bernama Lek Man. Kala itu, Lek Man menjual Mie Lendir di kedainya sejak pagi hingga malam hari.

Kini, popularitas Mie Lendir Batam sudah tak perlu diragukan lagi sehingga kerap menjadi buruan wisatawan. 

Banyak sekali kedai dan restoran yang menjajakan Mie Lendir dengan ciri khasnya masing-masing. Misalnya mengandalkan topping yang berbeda. 

Namun, resep dasar Mie Lendir Batam tetap. Terdiri dari mie, tauge, potongan telur rebus, dan siraman kuah kental.


Bahan utama Mie Kendir terdiri dari mi kuning basah berukuran besar. Jenis mie ini lebih bertekstur lembut dan sering dijadikan bahan masakan lain seperti mie Aceh dan soto mie Bogor. 

Selain mie kuning, ada pula bahan pelengkap lainnya berupa taoge, irisan telur rebus, irisan daun seledri, dan potongan cabai rawit hijau. 

Anda juga bisa menggunakan bahan tambahan berupa udang atau irisan ayam bila menyukainya. 

Semua bahan tersebut disiram dengan kuah kental berwarna cokelat. Untuk memperkaya aroma Mie Lendir, jangan lupa menambahkan taburan bawang goreng sebagai topping.

Bahan-Bahan Membuat Kuah Mie Lendir

Kuah yang kental dan pekat merupakan ciri khas yang membuat Mie Lendir terasa berbeda dengan sajian mie lainnya. Tekstur kental tersebut akhirnya menginspirasi nama Mie Lendir. 

Bahan-bahan untuk membuat kuah mie lendir terdiri dari bumbu yang dihaluskan. Yakni kacang tanah goreng, bawang putih, cabai merah , jahe halus, gula Jawa. Lalu siapkan, air, minyak goreng. Juga pelezat masakan dan sedikit larutan tepung maizena.

Selanjutnya, semua bumbu halus ditumis dengan sedikit minyak goreng sampai matang dan harum sebelum ditambahkan air. Bumbu yang sudah matang dan dicampur air harus diberi sedikit larutan tepung maizena supaya teksturnya mengental. 

Kalau Anda menyukai Mie Lendir pedas, Anda bisa menambahkan jumlah cabai merah sesuai selera atau menambahkan jumlah cabai rawit sebagai topping.


Mie lendir yang merupakan hidangan khas Batam sangat mudah dijumpai karena dijajakan sebagai menu sarapan pagi. Masyarakat Batam dan Pulau Bintan serta para wisatawan gemar menikmati Mie Lendir bersama secangkir kopi. 

Seporsi Mie Lendir memang sedap disantap selagi hangat sebelum mulai beraktivitas. Porsinya juga tergolong besar sehingga mengenyangkan.

Sajian Mie Lendir Batam yang lezat pasti menggugah selera Anda dan keluarga. Cara membuatnya ternyata praktis dan bahan-bahannya mudah didapat. Mau coba?


Penulis: Ardi Nugroho
Editor: Yosi Arbianto