4 Fitur Tersembunyi Aplikasi Telegram yang Wajib Dicoba

fitur slow mode aplikasi telegram

Aplikasi pesan Telegram punya fitur-fitur unik yang membedakan dengan aplikasi pengiriman pesan lainnya, seperti WhatsApp atau Line. Salah satunya Slow Mode, apa itu? (Foto: telegram.org for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Jakarta - Aplikasi pesan Telegram punya fitur-fitur unik yang membedakan dengan aplikasi pengiriman pesan lainnya, seperti WhatsApp atau Line.

Ingin tahu? Mari pelajari beberapa fitur unik Telegram untuk mendapatkan user experience yang lebih baik lagi.

1. Cari Teman Baru via Find People by Location

BIla ingin memperluas jaringan dan mendapatkan teman online baru, fitur ini pas banget. Telegram mengizinkan pengguna untuk menemukan grup dan teman yang baru dari lokasi sekitarnya.

Meskipun begitu, pengguna dan grup harus sama-sama mengaktifkan fitur ini agar bisa ditemukan. Apabila grup atau pengguna yang dicari belum mengaktifkan fitur ini, kamu belum bisa menemukan mereka lewat Telegram.

Untuk menggunakan fitur ini, masuk ke tab Contacts dan berikan izin lokasi saat ditanyakan. Mudah sekali, bukan?

2.  Atur Pesan Masuk di Grup dengan Fitur Slow Mode

Telegram mengizinkan penggunanya untuk menambahkan anggota grup hingga 200.000 orang tiap grup.

Dengan adanya fitur ini, tentunya bisa dibayangkan berapa banyak pesan yang didapatkan tiap harinya dari satu grup saja.

Oleh karena itu, agar pengguna tidak merasa overwhelmed, admin grup mempunyai opsi Slow Mode, yakni suatu fitur untuk menjadwalkan waktu tertentu bagi anggota grup sebelum mereka bisa mengirimkan pesan berikutnya ke grup tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke grup yang kamu miliki dan klik Edit > Permissions. Kemudian, pilih durasi yang diinginkan di bagian bawah halaman.

Fitur ini mempermudah admin grup untuk mengelola grup-grup mereka agar lebih efisien, namun masih nyaman digunakan.

3. Merekam Video Meeting

Bila kamu masih dalam situasi Work-From-Home atau mungkin terlalu skeptis untuk pergi ke luar rumah, online meeting adalah sebuah keharusan.

Selain banyak platform online meeting yang biasa digunakan, seperti Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams, online meeting juga bisa dilakukan lewat Telegram.

Tidak hanya bisa menjadwalkan online meeting lewat grup Telegram, pengguna juga bisa merekam dan mengirimkan rekaman meeting tersebut ke tiap teman atau kolega di Telegram.

Untuk menggunakan opsi ini, klik tombol Chat dan tekan simbol mikrofon. Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan kamu sudah memberikan izin akses aplikasi Telegram untuk mengirim gambar dan video.

4. Anti Kehilangan Data Penting dengan Fitur Private Channel

Telegram juga menawarkan suatu fitur unik yang tidak dimiliki oleh aplikasi pengiriman pesan lainnya. Yaitu membuat channel privat yang dapat dipersonalisasi.

Sebagaimana kita ketahui, Telegram memiliki fitur Channel yang mengizinkan pengguna untuk menyebarkan informasi ke siapa saja tanpa menerima respon atau pesan balik dari para channel subscribers.
 
Channel ini biasanya dapat diakses secara publik. Namun apabila pengguna membutuhkan fitur yang memungkinkan untuk menyimpan data atau pesan penting apa pun, fitur ini cocok banget untuk kamu.

Untuk membuat Channel Privat, secara singkat cara mengaktifkan fitur ini adalah sebagai berikut:

  • Pengguna iPhone: Masuk ke tab Chats, klik opsi New Message di sudut kanan atas aplikasi dan pilih opsi New Channel.
  • Pengguna Android: Masuk ke Chats dan klik simbol pensil dan pilih ‘New Channel’ dari daftar pilihan yang tersedia.
  • Pengguna Desktop: Ketuk menu ‘hamburger’ di sudut kiri atas dan pilih opsi ‘New Channel’.

Jadi, bagaimana menurutmu? Mudah kan? Selamat mencoba! (*)

Ardi Nugroho