WhatsApp Plus dan WhatsApp Modif, Apa Positif dan Negatifnya

whatsapp plus wa mod

Ini rangkuman BatuKita tentang sisi positif dan negatif atau keuntungan dan kerugian aplikasi WhatsApp Plus (WA Plus) dan WhatsApp modifikasi lainnya. (Foto: for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Sekelompok pengembang (developer) memodifikasi aplikasi WhatsApp sejak beberapa tahun belakangan. Salah satu aplikasi modifikasi dari WhatsApp bernama  WhatsApp Plus. Ada pula modifikasi yang diberi nama WhatsApp GB.

Karena hasil modifikasi, maka aplikasi ini tidak bisa bersanding dengan WhatsApp original yang terdaftar di Playstore. Sehingga, untuk mendapatkan aplikasi WhatsApp Plus, harus diunduh dan di instal secara manual alias tidak dari Play Store atau App Store.

Dengan melihat kelebihan dan kekurangan dari aplikasi WhatsApp Plus ini, maka pengguna bisa menilai apakah perlu untuk menginstal WhatsApp Plus atau tidak.

Berikut rangkuman BatuKita tentang sisi positif dan negatif dari aplikasi WhatsApp Plus (WA Plus).

Sisi Positif WhatsApp Plus


1. Fitur Replay Pesan Otomatis

Di WhatsApp Plus tersedia fitur reply pesan otomatis. Pengguna dapat mengatur pesan otomatis apa yang akan dikirimkan.

Misalnya "Sedang sibuk",  atau "Sedang mengemudi" atau "Sedang rapat, pesan akan dibalas secepatnya".

Dengan fitur ini, sangat membantu pengguna yang belum bisa membalas pesan secara langsung.


2. Fitur Menyembunyikan Status Online

Di dalam aplikasi WhatsApp original, pengguna bisa menyembunyikan status online, tetapi akan tetap muncul pada profil WA.

Di aplikasi WhatsApp Plus, pengguna bisa menyembunyikan status online pada profil WA.

Selain menyembunyikan, pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat status online-nya.

3. Menyembunyikan Status Mengetik

Di dalam aplikasi WhatsApp original, pengguna yang sedang mengetik pesan akan muncul status "sedang mengetik" di pengguna lainnya.

Sementara di aplikasi WhatsApp Plus, pengguna bisa menyembunyikan status "sedang mengetik" di bagian menu privasi.

4. Durasi Status Lebih Panjang

Pada WhatsApp original pengguna punya keterbatasan jumlah karakter dan durasi 30 detik ketika mengunggah status. Sedangkan pada WhatsApp Plus,  pengguna bisa mengunggah status dengan durasi hingga 7 menit.

5. Mempunyai Fitur Melihat Pesan Terhapus

WhatsApp Plus ini memberikan fasilitas penggunanya untuk dapat melihat pesan WhatsApp yang sudah terhapus oleh pengirim pesannya.

Lebih dari itu, pengguna WhatsApp Plus juga bisa melihat status WhatsApp orang yang sudah terhapus.

Bila seoang dari daftar kontak membuat status WhatsApp, kemudian menghapusnya, status tersebut tidak hilang di handphone pengguna WhatsApp Plus. Pengguna tetap bisa melihat status orang lain itu selama 24 jam.

6. Modifikasi Tampilan dan Variasi Tema

Pengguna Whatsapp Plus punya beragam pilihan tema dan warna. Lebih dari itu, pengguna bisa membuat tema sendiri sesuai keinginan. Setelah itu bisa mengunggahnya di WA supaya bisa digunakan oleh pengguna lain.


7. Kiriman Gambar Tidak Pecah

Aplikasi WhatsApp Plus punya ukuran media hingga 50 MB. Hal ini membuat file gambar yang dikirim bisa berukuran besar sehingga tidak pecah. Hal ini berbeda dengan penggunaan WhatsApp original.

8. Ukuran File Sharing yang Besar

Pada aplikasi WhatsApp original, fasilitas file sharing dibatasi hanya 16 MB saja. Berbeda dengan WhatsApp Plus yang bisa bisa share file hingga 50 MB.

9. Mendukung Pengiriman File yang Banyak

Pengguna WhatsApp Plus bisa mengirim hingga 90 foto sekaligus.

Sisi Negatif WhatsApp Plus


1. Bisa Diblokir oleh WhatsApp Original

Developer WhatsApp original bisa mempermasalahkan sehingga WhatsApp Plus bisa di-banned (diblokir).

Dengan kondisi itu, lebih aman menggunakan WhatsApp original yang bisa didownload melalui Google Play Store atau App Store.

2. Risiko Keamanan Akun dan Data

Karena WhatsApp Plus merupakan aplikasi modifikasi dan tidak terverifikasi oleh Google Play maupun App Store, bisa diduga ada algoritma yang tidak sesuai ketentuan.

Dengan begitu, WhatsApp Plus mengandung risiko keamanan akun dan data milik pengguna. terutama data yang mnyangkut keuangan atau bisnis dan data sensitif lainnya.

3. Tidak Tersedia di Google Play Store dan App Store

Sisi negatif yang paling nyata adalah aplikasi WhatsApp Plus tidak tersedia di App Store atau Google Play Store.

Sebagai toko aplikasi yang resmi, App Store atau Google Play Store mereka menerapkan banyak ketentuan untuk perlindungan pengguna (privasi).

Sistem penyaringan ini tidak bisa dilewati oleh aplikasi WhatsApp Plus, sehingga patut diwaspadai ada program di balik layar dalam aplikasi WhatsApp Plus yang bisa merugikan pengguna Android atau iPhone.

Dengan kata lain, aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store dan App Store karena aplikasi WhatsApp Plus dikategorikan aplikasi ilegal.

4. Berpotensi Membawa Virus

Selain keamanan privasi yang dipertanyakan, aplikasi ini juga bisa mengandung virus bagi perangkat Android maupun iPhone.

Demikian sekilas sisi positif dan negatif dari aplikasi WhatsApp Plus. Dengan mengetahui keuntungan dan kerugiannya, diharapkan pengguna bisa menimbang-nimbang bila menggunakan aplikasi WhatsApp modifikasi.(+)

John