Side Event W20 di Kota Batu: Kuatkan Posisi Wanita Pengusaha

side even w20 di kota batu

Kota Wisata Batu Jawa Timur menjadi tuan rumah salah satu even sampingan (side event) dari kelompok Women 20 (W20), 8-10 Maret 2022 (Foto: Instagram@w20indonesia for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Kota Wisata Batu Jawa Timur menjadi tuan rumah salah satu even sampingan (side event) dari kelompok Women 20 (W20), 8-10 Maret 2022.  

W20 adalah kelompok (grup) yang dibentuk pada 2015 oleh para pemimpin negara anggota G20 terkait pentingnya isu dan partisipasi perempuan. Terutama partisipasi dalam pembangunan ekonomi global.  

Even sampingan dari Women 20 yang ada di Kota Batu adalah sejenis forum atau pertemuan. Lokasinya di Hotel Golden Tulip Kota Batu.

Sub tema yang diangkat di Kota Batu adalah inklusi ekonomi bagi perempuan.

Secara nasional ada empat sub tema yaitu: kesetaraan gender, inklusi ekonomi, peningkatan ketahanan perempuan pedesaan dan perempuan penyandang disabilitas. Satu lagi adalah akses terhadap fasilitas kesehatan yang adil secara gender.

Dan secara umum, sub tema-sub tema itu berpijak pada tema besar W20 Presidensi Indonesia 2022 yakni "Recover Together, Equally".


Sedangkan agenda forum atau pertemuan di Kota Batu ini bermacam-macam. Antara lain Kick Off Inovasi Inklusi Ekonomi untuk Disabilitas.

Ada pula presentasi dan diskusi tentang usaha usaha mikro, lembaga keuangan, inkubasi bisnis. Lalu ada penandatanganan Sister City antara W20 Indonesia dan W20 Italia terkait UMKM yang dimiliki wanita.

Isu penting yang dibahas juga terkait terkait pentingnya UMKM milik perempuan untuk mendapatkan layanan akses finansial. Termasuk akses pemanfaatan teknologi digital sehingga menjadi penggerak ekonomi global.

Juga dukungan dan penguatan melalui literasi finansial, digitalisasi, dan investasi.

"Sejumlah pembicara dari luar negeri, juga akan mempresentasikan dan diskusi seputar perempuan, keuangan, pemulihan ekonomi dan UMKM,” kata Kepala Diskominfo Kota Batu, Onny Ardianto.

Kota Batu terpilih menjadi tuan rumah salah satu side event karena penilaian Komite W20 Indonesia selaku panitia. Mereka menilai banyak pelaku UMKM di Batu adalah wanita. Sehingga para pengusaha perempuan ini bisa menjadi inspirasi.

"Pelaku UMKM di Kota Batu banyak wanita, ini bisa menjadi contoh bagi negara lain," imbuh Onny.

Lebih dari itu, Kota Batu adalah Kota Wisata yang menawarkan banyak destinasi wisata bagi para peserta W20.

Kota Batu adalah salah satu lokasi dari total enam lokasi side event W20 di Indonesia.  Lokasi even pertama adalah Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara pada 14-16 Februari 2022.

Lalu Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Maret 2022; Manokwari Papua Barat pada Mei 2022; Danau Toba, Sumatera Utara pada Juli 2022; dan Denpasar, Bali pada September-Oktober 2022.

"Sesuai dengan anjuran pemerintah ya, bahwa kita harus menciptakan destinasi-destinasi wisata selain dari Bali. Di Indonesia itu banyak sekali (destinasi wisata), bukan hanya Bali saja," kata Chair W20 Indonesia 2022, Hardiani Uli Silalahi dalam acara Media Update, Kamis, 10 Februari 2022. (*)

John