Berdiri 1996, Situs Alexa.com Pensiun 1 Mei 2022


alexa pensiun 1 mei 2022

Alexa.com mengumumkan pensiun mulai 1 Mei 2022. Tampak pengumuman resmi di laman web Alexa.com (Foto: BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Alexa.com mengumumkan pensiun mulai 1 Mei 2022. Website penyedia layanan pemeringkat dan analisa SEO ini memutuskan turun gelanggang setelah beroperasi 26 tahun.

Tidak ada pernyataan resmi mengapa situs populer bagi para blogger dan administrator web ini pensiun.

Pengelola hanya mengeluarkan pengumuman tanggal pensiun dan tindak lanjut bagi pelanggan yang ingin mengimpor datanya.

Bahkan semenjak 8 Desember 2021, Alexa.com sudah tidak menerima pelanggan baru.

Alexa.com didirikan pada 1996 dan diakuisisi oleh Amazon pada 1999. Diperkirakan hingga kini, ada lebih dari 30 juta website yang menggunakan jasa analisa SEO dari Alexa.

Penurunan Traffic

Dailyseo menyebutkan, mengutip data Ahrefs, Alexa.com mengelami penurunan organic traffic secara drastis sejak Juni 2017.

Meski sekitar Oktober 2019 ada peningkatan, namun organic traffic Alexa.com kembali merosot.

Tool pemeringkat similarweb.com juga menunjukkan data serupa. Selama 6 bulan terakhir, traffic Alexa.com merosot hingga 8,69%.

Demikian pula dengan posisinya juga ikut menurun, kini Alexa.com berada di posisi 21.010 dibanding seluruh website yang ada di internet.

Rumor Data Kurang Akurat

Alexa.com memiliki layanan populer yakni Alexa Rank. Layanan ini untuk mengukur popularitas sebuah website.

Namun, cara kerja Alexa Rank sering menuai kritik. Beberapa orang beranggapan skor yang dikeluarkan Alexa Rank itu kurang akurat.

Salah satunya, dikutip dari techthirsty.com, bahwa data peringkat Alexa lebih relevan untuk negara-negara Asia daripada di negara itu dengan orang-orang berbahasa Inggris.

Untuk diketahui, Alexa Rank mengeluarkan skor peringkat pada website berdasarkan berapa banyak traffic tersebut. Lebih dari itu juga bagaimana keterlibatan pengunjung (engagement) pada suatu website selama 3 bulan sekali.

Traffic dan engagement itu didapat dari data yang disediakan oleh toolbar Alexa. Jika pemilik website ingin melaporkan kedua data tersebut dan sebagai balasannya bisa memantau posisi website-nya di internet, maka tinggal unduh saja toolbar tersebut. (#)

Yosi Arbianto