Mesin Tanam Padi Planter ala Vietnam dan Lamongan Efektif

mesin tanam padi ala Vietnam

Aplikasi mesin tanam padi (planter) sederhana ala Vietnam (Foto: courtesy Tani Maju for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Mesin tanam padi (planter) sederhana ala Vietnam dan ala petani Lamongan menjadi pilihan menarik bagi petani padi.

Yang terpenting dari alat itu adalah, cara menanamnya mundur, seperti lazimnya petani menanam padi semenjak dahulu. Sehingga padi yang telah ditanam tidak terinjak-injak pengemudi mesin.

Tanam mundur itu yang membedakan mesin ala Vietnam dan ala petani Lamongan Jatim dengan mesin sejenis merek terkenal buatan Jepang.

Mesin planter (sering disebut transplanter) padi ala VIetnam dilengkapi motor bensin untuk menggerakkan roda dan tuas penanam. Harganya terjangkau.

Sementara yang dibuat petani Lamongan tidak menggunakan mesin alias murni manual. Untuk menanamnya mengandalkan tarikan tenaga manusia dan gerakan tangan menggerakkan tuas.
 
mesin tanam padi ala petani lamongan
Aplikasi mesin tanam padi (planter) ala petani Lamongan (Foto: courtesy isoh ngene isoh ngono for BATUKITA.com)

Secara umum, Kementerian Pertanian merekomendasikan mesin planter jenis apa asaja. Khususnya bagi petani yang kesulitan mencari tenaga kerja untuk tanam.

Seperti diketahui, buruh tani makin sulit didapatkan karena generasi muda sudah tidak tertarik. Selain karena pendapatannya kecil, buruh tani harus bergelut dengan lumpur, air kotor dan terik matahari.

Mesin planter atau penanam padi ini dipercaya bisa menghemat biaya produksi hingga 30 persen.


Untuk harga, pada Juli 2022 harga mesin planter Vietnam itu diangka Rp 28,5 juta. Sementara yang buatan petani Lamongan tidak mencantumkan harga.

Untuk lebih lengkapnya, aplikasi mesin tanam padi ala Vietnam bisa ditengok di link sini. Sedangkan untuk aplikasi mesin tanam padi ala petani Lamongan Jawa Timur bisa dilihat di link sini. Selamat mencoba.(#)

John