Suzuki Resmi Umumkan Good Bye dari MotoGP

alex rins pebalap suzuki di motogp

Alex Rins, salah seorang pebalap Suzuki di MotoGP 2022. Suzuki Motor Corporation (SMC) mengumumkan secara resmi mundur dari MotoGP pada akhir musim 2022 nanti. Krisis perusahaan menjadi salah satu penyebabnya. ( Foto: courtesy motogp com for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Suzuki Motor Corporation (SMC) mengumumkan secara resmi mundur dari MotoGP pada akhir musim 2022 nanti. Krisis perusahaan menjadi salah satu penyebabnya.

Suzuki mengakhiri kontrak secara sepihak dengan Dorna Sports, penyelenggara MotoGP. Dianggap sepihak karena sejatinya kontrak Suzuki dengan Dorna Sport berakhir 2026 nanti.

Setelah melalui diskusi panjang, Suzuki dan Dorna Sport akhirnya sepakat. Suzuki absen mulai musim 2023 namun tetap mendukung dan menyelesaikan musim 2022.

Suzuki mengumumkan undur diri pada Rabu 13 Juli 2022 ketika seisi paddock sedang menjalani rehat musim panas selama lima pekan.

Absennya Suzuki pada MotoGP pernah terjadi pada musim 2012, 2013 dan 2014. Suzuki kembali ambil bagian dalam MotoGP mulai pada 2015 hingga sekarang.

Jauh sebelumnya, Suzuki adalah pabrikan Jepang yang mengikuti MotoGP semenjak 1974.

Dengan mundurnya Suzuki, maka pada 2023 nanti pabrikan yang kemungkinan besar ikut MotoGP hanya ada lima. Yakni Aprilia (1 tim 2 pembalap), Honda (2 tim 4 pembalap), Yamaha (2 tim 4 pembalap), Ducati (4 tim 8 pembalap), dan KTM (2 tim 4 pembalap).  

Disadur dari bola net, gosip hengkangnya Suzuki dari MotoGP mulai menyeruak pada 2 Mei 2022 lalu, ketika Joan Mir dan Alex Rins menjalani tes tengah musim di Jerez, Spanyol.

Seluruh kru Suzuki Ecstar baru diberi tahu usai tes berakhir, termasuk sang manajer tim, Livio Suppo, yang pada awalnya sangat ingin mempertahankan Mir dan Rins pada 2023.

Setelah adanya kabar itu, Dorna Sports memperingatkan bahwa Suzuki tak boleh mundur secara sepihak, mengingat kontrak mereka baru habis pada akhir 2026.

Tapi keputusan Suzuki tampaknya sudah bulat, mengingat adanya krisis ekonomi global dan keinginan fokus pada divisi produksi massal.

Usai diskusi panjang, kesepakatan Suzuki dan Dorna dicapai pada 13 Juli 2022. Dengan begitu, Suzuki resmi akan hengkang dari MotoGP akhir musim nanti.

Dalam rilis resmi mereka, SMC juga mengumumkan bahwa mereka juga akan hengkang dari Endurance World Championship (EWC).

SMC pun berjanji akan tetap memberikan dukungan terbaik bagi Suzuki Ecstar di MotoGP dan Yoshimura SERT Motul di EWC pada sisa musim ini.

Berikut pernyataan resmi Direktur dan Presiden Perwakilan SMC, Toshihiro Suzuki.

"Suzuki telah memutuskan mengakhiri partisipasinya di MotoGP dan EWC untuk menghadapi kebutuhan relokasi sumber daya kepada inisiatif lainnya demi keberlanjutan perusahaan. Dunia balap motor selalu menjadi tempat menantang bagi inovasi teknologi, termasuk ketahanan dan pengembangan sumber daya manusia,".

"Keputusan ini berarti kami akan mengambil tantangan untuk membangun operasi bisnis motor yang baru dengan mengatur ulang ketersediaan teknologi dan sumber daya manusia yang kami raih dari aktivitas balap motor untuk menginvestigasi rute lain demi keberlanjutan khalayak,".

"Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada para penggemar, pembalap, dan mitra-mitra kami yang telah bergabung dengan kami dan mendukung kami secara antusias dari tahap pengembangan sejak kami kembali ke MotoGP,".

"Saya akan terus melakukan yang terbaik demi mendukung Alex Rins, Joan Mir, Suzuki Ecstar, dan Yoshimura SERT Motul, untuk bersaing secara kompetitif sampai akhir musim. Terima kasih atas dukungan Anda.".

Prestasi Suzuki di MotoGP Sejak 2015

Maverick Vinales menjadi pembalap yang memulai kebangkitan Suzuki di MotoGP sejak kembali pada 2014 silam.

Meski debutnya pada tahun 2015, Vinales baru bersinar pada musim keduanya. Ia mampu menjuarai GP Inggris 2016 usai berduel ketat dengan Marc Marquez.

Vinalez juga tercatat pernah meraih empat kali podium pada musim itu sebelum hengkang ke Yamaha pada tahun 2017.

    2015: Aleix Espargaro (11) dan Maverick Vinales (12) - 0 podium

    2016: Maverick Vinales (4) dan Aleix Espargaro (11) - 4 podium, 1 kemenangan

    2017: Andrea Iannone (13) dan Alex Rins (16) - 0 podium

    2018: Alex Rins (5) dan Andrea Iannone (10) - 9 podium

    2019: Alex Rins (4) dan Joan Mir (12) - 3 podium, 2 kemenangan

    2020: Joan Mir (juara) dan Alex Rins (3) - 11 podium, 2 kemenangan

    2021: Joan Mir (3) dan Alex Rins (13) - 7 podium

    2022: Joan Mir (8) dan Alex Rins (9) - 2 podium (terhitung sampai Seri Belanda)

Sumber: Suzuki Racing

John