Jatim Park 2 Kota Batu Tengok Isi, Zona, dan Wahananya

cuscus bear jatim park 2 kota batu

Berikut beberapa jenis hewan lucu dan unik serta zona yang ada di dalam Secret Zoo Jatim Park 2 (Foto: all photo courtesy Jatim Park 2 for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Lokasi wisata Jatim Park 2 di Kota Batu, Jawa Timur menawarkan koleksi ratusan jenis hewan, wahana serta zona menarik dan edukatif.

Jatim Park 2 terdiri dari dua blok. Yakni Secret Zoo (sejenis kebun binatang) dan Museum Satwa (awetan satwa).  Di sebelah utaranya, ada blok berdiri sendiri yakni lokasi rekreasi Eco Green Park.

Letak Jatim Park 2 ada di Jalan Oro-oro Ombo No 9 Kota Batu, Jawa Timur. Jatim Park  2 biasanya buka setiap hari mulai pukul 08:30 WIB dan tutup pukul 17:30 WIB.

Tiket masuk Jatim Park 2 berkisar antara Rp 140 ribu hingga Rp 160 ribu per orang (harga per Agustus 2022).

Harga tiket berbeda untuk hari biasa (Senin-Jumat) dan akhir pekan (week end). Pada long weekend dan hari libur nasional, harga juga bisa berubah. Harga termurah adalah di hari biasa atau ketika ada diskon khusus.

Berikut beberapa jenis hewan lucu dan unik serta zona yang ada di dalam Secret Zoo Jatim Park 2:

1. Bebek Caroline (Caroline Duck)

Caroline Duck (Aix sponsa) adalah unggas berhabitat di anak sungai bagian timur Amerika Utara. Biasanya mereka hidup di rongga pohon rawa-rawa hutan basah.
 
bebek caroline jatim park 2

Spesies jantan dewasa ini bermata merah dan memiliki bulu warna-warni yang khas berleher suar putih. Sedang betinanya bercincin mata pucat dan leher keputihan.

Perusahaan pengedar koin Royal Canadian Mint Kanada, pernah menggunakan bebek ini sebagai koin untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-75.

  • Habitat: Rawa bakau, danau, semak belukar, dan danau di Amerika Utara.
  • Penyebaran: Pantai barat Amerika Serikat dan Meksiko Barat 
  • Makanan: Buah beri, biji pohon ek, biji-bijian, dan terkadang serangga

2. Berang-berang Oriental (Oriental Small-Clawed Otters)

Berang-berang Oriental dengan cakar kecil (Aonyx cinerea) termasuk satwa rentan. Mamalia karnivora semiakuatik ini asli Asia Tenggara.
 
berang berang jatim park 2

Beberapa keunikan yang menjadi khas dibanding spesies sejenis lainnya adalah cakarnya yang kecil.

Berang-berang menangkap makanannya dengan cakarnya yang tajam. Mereka termasuk satwa yang aktif sepanjang hari.

  • Habitat: Daratan tergenang seperti rawa, aliran sungai, hutan mangrove, persawahan di Asia Selatan dan Asia Tenggara
  • Penyebaran: Daerah pesisir India Selatan sampai Asia Tenggara termasuk pulau-pulau di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan
  • Makanan: Kepiting sawah, kerang, ikan, mamalia kecil

3. Kuskus Beruang (Bear Cuscus)

Disebut Kuskus Beruang (Ailurops ursinus) karena bulunya yang tebal dan gelap, mirip beruang. Kuskus beruang lebih suka tinggal di kanopi pohon yang sepi. 
 
kuskus beruang jatim park 2

Kuskus beruang termasuk golongan marsupial alias mamalia berkantong. Ia akan menggunakan cakar dan ekor panjangnya sebagai penunjuk arah ketika berayun di cabang pohon. 
 
Sebagai marsupial, kuskus beruang melahirkan bayi yang masih sangat rentan. Bayi itu lalu ia bawa dalam kantung perutnya. Anaknya akan ia lepas setelah berumur 8 bulan dan cukup kuat untuk bertahan hidup.

  • Habitat: Kanopi atas hutan hujan Sulawesi
  • Penyebaran: Sulawesi
  • Makanan: Daun, bunga, putik bunga dan buah yang belum matang

4. Monyet Terkecil (Pygmy marmoset)

Pygmy marmoset (Cebuella pygmaea) adalah monyet yang hidup di hutan hujan area barat Lembah Amazon di Amerika Selatan.
 
monyet terkecil jatim park 2

Spesies ini terkenal sebagai monyet dan primata terkecil di dunia, dengan berat hanya 100 gram.

Sekitar 83 persen populasi Pygmy Marmoset hidup dalam keluarga dengan 2-5 anggota. Keluarga terdiri dari satu jantan utama, betina yang akan berkembang biak dan beberapa anak.

Untuk berkomunikasi, mereka memiliki tiga isyarat panggilan berdasarkan jarak satu pygmy dengan yang lain.

Sementara itu, untuk menghindari pemangsa, mereka selalu bergerak cepat dari satu tempat aman ke tempat lain. Gerakan mereka selalu hati-hati agar tidak menarik perhatian predator manapun.

  • Habitat: Hutan cemara, hutan tepi sungai dan kanopi di ketinggian hutan hujan Amerika Selatan.
  • Penyebaran: Area hutan Amazon yang terletak di Brazil, Colombia, Peru, Ecuador dan Bolivia bagian utara.
  • Makanan: Getah karet, karenanya ia disebut sebagai gummivora.

5. Kura-kura Afrika (Sulcata Tortoise)

Kura-kura sulcata (Geochelone sulcata) adalah kura-kura dari gurun dan padang rumput Afrika. Rata-rata beratnya mencapai 37,5 kg. 
 
kura kura afrika jatim park 2

Kura-kura sulcata bisa hidup lebih dari 70 tahun. Terutama bila makanannya tidak banyak lemak.

  • Habitat: Area transisi padang rumput, sabana dan padang semak belukar
  • Penyebaran: Tepi selatan gurun Sahara, Afrika
  • Makanan: Rumput dan tanaman, termasuk kaktus.

6. Zona Harimau (Tiger Zone)

Di Tiger Zone, pengunjung bisa melihat koleksi harimau dari seluruh dunia. Harimau bisa sangat dekat karena hanya berbatas kaca tebal.
 
tiger zone jatim park 2

Pengunjung bisa berfoto seolah-olah harimau berada tepat di belakangnya. Pengunjung bisa mempelajari perilaku dan kehidupan mereka.

7. Pulau Monyet (Monkey Island)

Monkey Island adalah pulau kecil untuk konservasi orang utan Borneo (Kalimantan, Indonesia) yang semakin tahun semakin berkurang jumlahnya. 
 
pulau monyet jatim park 2
 
Di pulau ini orang utan, siamang, dan beberapa jenis monyet lainnya hidup nyaman dan beraktivitas. Lokasinya memang berjarak dari pengunjung agar tidak banyak interaksi pengunjung dengan hewan yang terancam punah ini.

8. Kerajaan Lemur (Lemur Kingdom)

Lemur kingdom mengajak pengunjung Jatim Park 2 mengenal beberapa spesies lemur. Di Batu Secret Zoo punya koleksi spesies lemur terbanyak di Asia Tenggara dan Indonesia.
 
kerajaan lemur jatim park 2

Ada 6 spesies lemur yaitu: ring-tailed lemur, brown lemur, red collared lemur, red ruffed lemur, black lemur, dan black and white lemur.

Para pengunjung dapat berinteraksi dan memberi makan 5 spesies dari 6 spesies yang ada: black lemur, ring-tailed lemur, red ruffed lemur, red collared lemur dan brown lemur.

Zona Kerajaan Lemur ini didesain khusus sesuai habitat asli lemur. Hunian lemur ini memiliki luas 500 meter persegi dengan tinggi 12 meter. Pengelola mendesain khusus sehingga sangat mirip dengan habitat asli lemur di pulau Madagascar.

9. Water Park

Wahana air selalu menjadi tempat yang menyenangkan. Dilengkapi dengan beberapa jenis perosotan dan permainan air, pengunjung dapat menikmati sisa hari di taman air Batu Secret Zoo setelah belajar tentang binatang.
 
water park jatim park 2

10. Baby Zoo

Selain hewan dewasa, ada zona Baby Zoo di Batu Secret Zoo. Seperti namanya, di zona ini menampung bayi hewan yang masih lucu namun bisa diajak interaksi. 
 
baby zoo jatim park 2

Di Baby Zoo ada bayi harimau, bayi rusa atau bayi keledai. Pengunjung bisa memberi makan bayi-bayi itu dengan pengawasan petugas. Zona ini sangat menarik bagi anak-anak.
 
Lima jenis hewan dan lima zona di atas hanyalah sebagian kecil isi dan wahana di Jatim Park 2 Secret Zoo. Penasaran? Waktunya berlibur ke Kota Batu....Ayuukkk..(#)

John