Jakarta Fashion Week ke-15 Dimulai 24 Oktober 2022

jakarta fashion week 2023 oktober 2022

Para finalis  JFW 2023 Icons melakukan pemotretan di luar ruangan Intercontinental Hotel Pondok Indah. (Foto: courtesy pesona for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Jakarta - Even mode tahunan Jakarta Fashion Week kembali hadir menyapa para penggemar dan penikmat fashion.

Pekan mode tahunan ini bakal berlangsung selama sepekan, pada 24-30 Oktober 2022 di Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan.

Mengambil logo JFW 2023, even busana ini bakal diisi 4-5 peragaan fashion yang imersif setiap hari.

Lebih dari itu, JFW juga menghadirkan pop-up retail space, berupa Fashionlink di Atrium Level 2 PIM 3. Termasuk ada Dewi Luxe Market di Atrium Ground Floor PIM 3.

Sebagai pengingat, Jakarta Fashion Week merupakan even bagian dari ekosistem kreatif di bawah naungan GCM Group (pecahan dari Femina Group).

Grup ini berisi media gaya hidup di Indonesia: Dewi, Beauty Party, Pesona, dan Wanita.network.  Ada pula platform retail mode: Fashionlink dan Fashionhub.

JFW kali ini memasuki tahun ke-15, dimulai semenjak 2008. JFW didaulat sebagai salah satu pekan mode paling berpengaruh di Asia Tenggara.

Jakarta Fashion Week merupakan platform universal bagi pelaku industri kreatif yang ingin dikaitkan dengan desain, gaya, dan tren mode terkini.

JFW juga menjadi platform kurasi wajah masa depan mode Indonesia - melalui rangkaian kompetisi Lomba Perancang Mode, Lomba Perancang Mode Menswear, Lomba Perancang Aksesori.

Ada pula penghargaan bagi jenama (merek) lokal inovatif - Fashion Force Award. Termasuk ada malam selebrasi karya desainer terbaik Indonesia, Dewi Fashion Knights.

Dari keterangan tertulis yang diterima BatuKita, Jakarta Fashion Week menjadi ajang memajukan industri fashion tanah air.

Termasuk sebuah pengakuan terhadap industri fashion Indonesia, baik dari sesama pelaku fashion dan sektor ekonomi kreatif, industri terkait, para fashion enthusiast, dan masyarakat.

"Tema dari JFW 2023 adalah Fashion Reformation, yang menyiratkan semangat regenerasi di industri mode tanah air. Sekaligus menjadi bentuk perayaan kreativitas dan kebangkitan para insan mode setelah melalui masa pandemi,” ujar Svida Alisjahbana, CEO GCM Group yang merupakan Chairwoman JFW.

Berbagai program terkait JFW 2023 mulai berlangsung. Salah satunya pencarian JFW 2023 Icons oleh JFW Model Search.

Dua pemenang yang menjadi JFW 2023 Icons adalah yaitu Jacey Philana asal DKI Jakarta serta Viknes Waren asal Bali.

"Selain kekuatan karakter serta keunikan para model, JFW juga terus meningkatkan standar untuk fokus dalam menggali dan mengembangkan potensi para model sehingga menjadi bekal untuk berkancah di panggung mode global – dari Jakarta ke segala penjuru dunia,” papar Andandika Surasetja, Creative Director JFW 2023.

Dukungan bagi pelaksanaan JFW 2023 juga diberikan para partner internasional, salah satunya adalah Korea Content Creative Agency (KOCCA) yang merupakan lembaga ekonomi kreatif Korea Selatan.

KOCCA akan memperkenalkan dua fashion brand asal Korea Selatan, yaitu Doucan dan Saint Ego. Doucan adalah brand pakaian wanita premium dari desainer Choi Chunghoon. Sementara Saint Ego merupakan brand pakaian pria dari desainer Kim Young Hoo.

Sebaliknya, KOCCA juga akan memperkenalkan fashion Indonesia ke publik Korea Selatan lewat karya-karya dari Monique Natalia Soeriaatmadja dari Soe Jakarta dan Anandia Putri Harahap dari IKYK di Fashion Code 2023 pada 6-8 Oktober 2022. (*)

Yosi Arbianto