Membuat Kacang Telur Gurih Renyah? Gampang Kok

membuat kacang telur

Berikut ini resep dan cara membuat kacang telur yang gurih dan renyah, dengan biaya yang tentunya relatif ramah di kantong. Resep untuk 500 gram. (Foto: courtesy shutterstock for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Kacang telur menjadi camilan renyah teman minum kopi atau menikmati secangkir teh. Kacang telur juga bisa menjadi teman ketiga saat mengobrol dengan sahabat.

Untuk menikmati kacang telur, tidak harus membeli produksi pabrikan. Berkreasi sendiri membuat kacang telur sangatlah mudah. Tinggal membeli bahan-bahannya dan meluangkan sedikit waktu dan tenaga.

Berikut ini resep dan cara membuat kacang telur yang gurih dan renyah, dengan biaya yang tentunya relatif ramah di kantong. Resep untuk 500 gram.

Bahan-bahan berupa:

500 gram kacang tanah kupas
350 gram tepung terigu, ayak halus
3 butir telur
50 ml santan
3 blok kaldu instan kecil
10 siung bawang putih, dihaluskan
2 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
minyak secukupnya untuk menggoreng

Setelah semua bahan siap, berikut cara membuat kacang telur:

  1. Sangrai kacang tanah kupas sampai matang, sisihkan. Paling bagus adalah sangrai dengan menggunakan tembikar hingga keluar minyaknya.
  2. Kocok telur hingga tercampur sempurna. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata. Tambahkan kaldu instan, bawang putih, garam, dan gula. Aduk hingga larut sempurna.
  3. Masukkan kacang ke dalam mangkuk besar. Tambahkan 2 sendok makan campuran telur. Aduk rata sambil ditampi (digerak-gerakkan naik turun seperti menampi beras).
  4. Setelah semua kacang terbalut telur, masukkan 2 sendok makan tepung. Aduk dan tampi hingga kacang terbalut tepung.
  5. Tambahkan lagi 2 sendok makan campuran telur. Aduk rata. Tambahkan lagi tepung terigu 2 sendok. Aduk lagi sambil ditampi.
  6. Bila ingin lapisan telur dan tepungnya tebal, lakukan hal yang sama bergantian, sampai kacang berbalut rata. Bisa dilakukan tiga kali atau empat kali tergantung selera
  7. Panaskan minyak, lalu goreng kacang yang telah berbalut telur dan tepung dengan api kecil.
  8. Kacang telur siap disajikan.
Baca pula: Pengen Es Krim Mangga Asli nan Lembut? Yuk Buat Sendiri

Itulah bahan dan cara membuat kacang telur yang renyah dan gurih. Resep berlaku untuk 500 gram kacang.  Kalau membuat 1 kilogram bisa disesuaikan. Selamat mencoba...#

John