Uji Kir Kendaraan Kota Batu Sekarang di Tlekung

lokasi uji kir kendaraan kota batu

Lokasi Balai Uji Kir itu di  Desa Tlekung, Junrejo, Kota Batu. Tepatnya di sebelah kantor Polsek Junrejo. (Foto: courtesy @prokopim_kwb for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Kota Batu akhirnya mempunyai sendiri Balai Uji Kir atau Unit Pelayanan Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor (UPT PKB) Kota Batu.

Lokasi Balai Uji Kir itu di  Desa Tlekung, Junrejo, Kota Batu. Tepatnya di sebelah kantor Polsek Junrejo.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meresmikan Balai Uji Kir itu pada Jumat 23 Desember 2022. Balau Uji Kir itu akan mulai beroperasi pada 2023.

Balai Uji Kir Kota Batu melayani kendaraan dari Kota Batu dan sekitarnya. Antara lain kendaraan dari Kecamatan Dau, Pujon, Ngantang, Kasembon.


Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu, Imam Suryono, menjelaskan, warga Kota Batu pemilik kendaraan niaga bisa beralih ke Balai Uji Kir Kota Batu. 

Mereka sudah bisa lepas dari Balai Uji Kir bersama di Karanglo, Kabupaten Malang.Tentunya ketika masa Kir-nya habis.

“Ada tujuh ribu kendaraan di Kota Batu yang perlu uji kir, terutama kendaraan dengan lebih 8 seat. Dengan adanya Balai Uji Kir, semoga bermanfaat bagi masyarakat dan harapannya PAD Kota Batu meningkat,” harap Imam.


Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, berharap Balai Uji Kir berfungsi baik dan berkontribusi pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Tinggal memfungsikan dengan baik, merawat, dan menjaga gedung ini dengan baik. Mudah-mudahan Balai Uji KIR ini bisa menjadi tempat yang punya manfaat banyak bagi Kota Batu,” harap Dewanti.(#)

John