Jelang Ultah ke-38, Malang Plaza Terbakar

malang plaza terbakar di usia 38 tahun

Menjelang ulang tahun, mal Malang Plaza di Jalan Agus Salim 26 Kota Malang terbakar habis pada Selasa, 2 Mei 2023 dini hari. (Foto:netizen  for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Malang - Mal Malang Plaza di Jalan Agus Salim 26 Kota Malang terbakar habis pada Selasa, 2 Mei 2023 dini hari.

Mal yang berdiri 11 Mei 1985 dan menjelang ulang tahun ke-38 ini menjadi puing sisa kebakaran.
 
Bangunan mal legendaris berlantai tiga itu luluh lantak. Dari luar kini terlihat hanya beton dan besi struktur dan material gosong

Tidak ada korban jiwa karena amukan si jago merah dini hari itu. Namun kerugian materiil ditaksir puluhan miliar rupiah.

Dugaan kuat api berawal dari lantai tiga, yakni area Bioskop Mandala 21.

"Kemungkinan api muncul dari lantai tiga bagian selatan, itu area bioskop,” ungkap Arianto, seorang penjaga Hotel Santosa yang lokasinya berdekatan dengan mal Malang Plaza kepada media.

Arianto saat awal kebakaran sempat mendekat ke titik api di lantai 3 mal Malang Plaza.

Versi satpam mal Malang Plaza, sekitar pukul 00.30 Wib satpam bernama Paidi ke kamar mandi dan mendengar suara letupan di lantai 3.



Kemudian ia mengecek dan mencari asal suara ke lantai 3, yakni area parkir Bioskop Mandala.

Saat itulah ia melihat di atas gedung bioskop Mandala ada kobaran api yang sudah membesar.

Api yang tak terkendali merambat cepat menuju ke area gerai ponsel yang ada di sebelah utara bioskop lantai 3. Akibatnya seluruh kios ponsel di lantai 3 menjadi arang.

Dari lantai 3, api terus membesar hingga meluluhlantakkan lantai 2 berisi gerai pakaian yang terkenal dengan nama Variety. Di lantai du juga ada gerai etnik.

Dari sana, api terus membesar dan merambat. Disertai reruntuhan bangunan, api membakar lantai 1 yang berisi kios ponsel, elektronik dan ragam barang.
 
 
malang plaza terbakar pada 2 mei 2023
Menjelang ulang tahun, mal Malang Plaza di Jalan Agus Salim 26 Kota Malang terbakar habis pada Selasa, 2 Mei 2023 dini hari. (Foto:netizen  for BATUKITA.com)

Untuk diketahui, area Malang Plaza terdiri dari dua blok. Blok pertama adalah bangunan utama mal di sisi barat. Lalu blok kedua adalah rumah toko (ruko) yang ada di sebelah timur bangunan utama.

Dalam peristiwa kebakaran ini, bangunan utama habis terbakar. Sementara bangunan ruko relatif bisa diselamatkan.

Sekitar pukul 01.15 WIB, sejumlah tujuh mobil pemadam kebakaran (PMK) Kota Malang tiba di lokasi. Lalu sekitar pukul 01.35 WIB lima unit PMK Kabupaten Malang tiba di lokasi.

Pukul 05.00 WIB, api berhasil dipadamkan dan terus dilakukan pembasahan untuk mencegah api kembali berkobar.


Kerugian Materiil

Sholehuddin, anggota tim kuasa hukum manajemen Malang Plaza menyebutkan, berdasarkan data sementara, ada sekitar 135 sampai 150 pemilik usaha yang terdampak kebakaran.

Namun dia belum bisa memastikan jumlah kerugian secara pasti.

Di lain pihak, BPBD Kota Malang menaksir kerugian bisa tembus Rp56 miliar.

Kepala BPBD Kota Malang, Prayitno pada Rabu 3 Mei 2023 mengatakan, angka taksiran itu didapat 145 aduan pemilik stan yang sudah melapor melalui posko.

Kerugian itu di belum termasuk kerugian yang dialami Variety Departemen Store dan Bioskop Mandala 21. (#)

John