PegiPegi Ucapkan Selamat Tinggal, Bye bye

pegipegi tutup gulung tikar

Layanan travel online Pegipegi resmi menutup layanannya di Indonesia dan mengucapkan selamat tinggal karena tidak kuat lagi menjalani bisnis online di bidang penunjang pariwisata ini. (Foto: capture by  BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Jakarta - Platform online pemesanan tiket dan hotel Pegipegi mengucapkan selamat tinggal kepada para pelanggan per 11 Desember 2023.

Layanan travel online Pegipegi resmi menutup layanannya di Indonesia karena tidak kuat lagi menjalani bisnis online di bidang penunjang pariwisata ini.

Dalam website resmi perusahaan, pengelola menulis "Hampir genap 12 tahun menjadi solusi travel kamu merupakan pengalaman yang tak tergantikan bagi Pegipegi, namun dengan berat hati, hari ini per tanggal 11 Desember 2023 Pegipegi harus pamit," dikutip BatuKita Sabtu, 16 Desember 2023.

Dalam laman resminya, Pegipegi mengatakan menerima pesanan dari pelanggan terakhir kali pada Senin 10 Desember 2023 pukul 23.59 WIB.

"Para pelanggan tidak perlu khawatir karena seluruh pembelian yang telah dibeli pelanggan di Pegipegi tetap berlaku, pelanggan masih bisa check in dan menggunakan transportasi udara dan darat sesuai waktu checkin maupun waktu keberangkatan," tulis admin Pegipegi.


Untuk mengakses informasi soal pesanan, pelanggan bisa mengecek email yang digunakan saat melakukan order.

"Jika ada pertanyaan, permintaan dana kembali (refund), penggantian jadwal (reschedule) atau komplain dapat disampaikan via email ke Pegipegi," kata layanan tersebut.

Susul Rumah.com

Sebelumnya, platform jual beli properti Rumah.com juga menutup layanan operasional per 1 Desember 2023 setelah beroperasi 10 tahun.

Keputusan tersebut diambil perusahaan induknya, PropertyGuru Group.

"Bisnis marketplace kami di Indonesia yang beroperasi sebagai Rumah.com, akan berhenti beroperasi pada 30 November 2023,” kata  CEO dan Managing Director PropertyGuru Group Hari V. Krishnan dalam rilis resmi.

Pihaknya pun sepakat untuk tetap fokus pada bisnis yang menunjukkan potensi untuk mencapai pertumbuhan yang kuat ke depannya.

Startup RI yang Telah Tumbang

Dikutip dari Infobanknews, CNBC dan katadata, ada setidaknya 15 startup populer telah tumbang.

Penyebabnya pun beragam, antara lain pandemi Covid-19 hingga ketidakstabilan ekonomi dunia dan krisis.

Nama-nama startup yang telah gulung tikar itu antara lain:
  1. Elevenia
  2. MatahariMall.com
  3. Plasa.com
  4. Blanja.com
  5. Cipika
  6. Brambang.com
  7. Airy Rooms
  8. Fabelio
  9. JD.ID
  10. Sorabel
  11. Stoqo
  12. Qlapa
  13. CoHive
  14. Beres.id
  15. Rumah.com

Yosi Arbianto