Tren Rumah Double Decker: Ekonomis, Efisien, Anti Banjir

rumah double decker

Konsep perumahan double decker dikenal juga dengan nama two level infrastructure. Salah satu ciri khas adalah pemisahan struktur dan fungsi lantai, ada jalan bawah dan atas. Salah satu contoh perumahan double decker di Tangerang (Foto: swancity for for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Jakarta - Ingin memaksimalkan fungsi dan fasilitas perumahan di lahan sempit? Coba konsep perumahan double decker.

Konsep perumahan double decker ini sedang dan akan menjadi trend ke depannya. Itu karena selain bangunan rumah, yang juga lebih efisien adalah bangunan infrastrukturnya (jalan, taman, halaman).

Apa Perumahan Double Decker Itu?

Perumahan model double decker adalah salah satu inovasi dari pengembangan rumah dengan arsitektur minimalis.

Konsep double decker dikenal juga dengan nama two level infrastructure. Salah satu ciri khas adalah pemisahan struktur dan fungsi lantai.

Perumahan memiliki infrastruktur dua level yang memisahkan area jalan manusia dan lalu lintas kendaraan.

Tingkat atas adalah koridor untuk interaksi masyarakat yang dilengkapi dengan taman dan tempat bermain.

Sedangkan tingkat bawah adalah area yang dikhususkan untuk pergerakan kendaraan.

Pemisahan tingkat jalanan ini dapat membuat area perumahan menjadi lebih nyaman karena anak-anak dapat bermain dengan aman di luar rumah.

Lebih dari itu, tetangga dapat berinteraksi secara bebas tanpa adanya gangguan dari lalu lintas.

Penataan ini juga memanjakan mata para penghuni dengan tidak adanya kendaraan yang parkir di pinggir jalan.  

Konsep hunian double decker masih jarang ditemukan di Indonesia. Meski begitu, konsep double decker semakin mendapat pengakuan. Baik dari pengembang dan konsumen. Karena dianggap sebagai solusi dari keterbatasan lahan dan naiknya harga tanah.

"Kami secara khusus merancang konsep baru double decker. Yaitu untuk tinggal dan bermain di lingkungan yang aman, dan untuk mengakomodasi kehidupan sehat bagi masyarakat smart urban. Hingga saat ini, kami telah sukses menjual 97 persen dari total unit,” ujar Henry Wesly, Sales Associate Director of Swancity, kepada BatuKita. Swancity salah satu pengembang perumahan model double decker di Tangerang.


Rumah Terkesan Mewah dengan Sky Garden

Salah satu keuntungan infrastruktur double decker adalah adanya lahan luas pada lantai level dua. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai lahan berkebun karena mendapatkan paparan sinar matahari yang paling maksimal.

Lahan kebun ini juga dapat difungsikan sebagai sky garden, tempat bersantai bersama keluarga, hingga tempat bermain anak-anak.

Selain itu, sky garden juga menambah nilai estetik pada keseluruhan desain rumah sehingga rumah akan terasa lebih unik dan mewah.

Anti Banjir

Konsep rumah double decker meminimalkan dampak bencana banjir. Karena memiliki dua level infrastruktur, dimana jalan dan rumah memiliki tinggi yang berbeda.

Sekalipun rumah berlokasi di titik banjir dan selalu terkena banjir tahunan, desain double decker ini dapat meminimalkan masuknya air dan genangan tinggi ke dalam rumah.


Yosi Arbianto