Pintu Ekspor Singkong Melebar Saat Gejolak Harga Gandum

singkong eskpor

Produk turunan singkong punya peluang ekspor makin baik dikala harga gandum internasional tengah bergejolak. (Foto: Courtesy Doris J / Getty Images for  BATUKITA.com)


BATUKITA.COM-Kota Batu - Produk turunan singkong punya peluang ekspor makin baik dikala harga gandum internasional tengah bergejolak.

Potensi itu terlihat dari fakta kenaikan angka ekspor singkong dan turunannya pada semester 1 tahun 2022.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi bilang ekspor singkong dan produk turunannya meningkat tiga kali lipat.

Kenaikan itu terjadi ketika harga gandum internasional melonjak akibat konflik Ukraina-Rusia.

"Kalau saya melihat ini berkah. Karena harga gandum naik, kesempatan singkong kita, sorgum kita naik bagus, masuk pasar diminati. Ini terbukti, ekspor singkong dan turunannya 2022 naik hampir 300 persen dibanding 2020," kata Suwandi, Rabu 3 Agustus 2022 seperti dirilis Antara.

Seperti diketahui, Ukraina masuk tiga besar produsen gandum di dunia. Dengan adanya konflik dengan Rusia menyebabkan harga gandum melonjak lantaran keterbatasan pasokan.

Suwandi mengatakan Indonesia sendiri bergantung pada impor gandum dari Ukraina sebanyak 3 juta ton. Lebih kurang 36 persen kontribusinya dari kebutuhan total di dalam negeri.

Singkong Beku dan Mocaf

Plt Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Reni Yanita pada akhir 2021 pernah mengatakan, produk singkong beku menjadi salah satu yang sudah merambah pasar global.

Singkong beku kemudian diolah menjadi produk cemilan premium di berbagai negara tujuan eskpor, seperti Amerika Serikat dan Eropa.

"Pasar global menginginkan produk singkong berkualitas, yang berwarna putih, rasanya enak, tidak pahit dan kandungan sianida yang rendah," jelas Reni dalam acara Indonesia Food Innovation Awards, Kamis 28 Oktober 2021.

Indonesia juga mengekspor olahan singkong dalam bentuk keripik singkong dan pati ubi kayu.

Tidak hanya itu, komoditas singkong yang diolah menjadi tepung mocaf (modified cassava flour) sebagai bahan baku dalam industri pangan.

Baca pula: Keripik Singkong Bojonegoro Tembus Pasar Amerika, Begini Caranya

Tepung mocaf atau tepung ubi kayu adalah tepung yang direkomendasikan sebagai alternatif subtitusi tepung terigu.

Tepung mocaf sesuai dengan konsumen internasional terutama yang mencari makanan bebas gluten. (#)

John