Wisata Air Panas Cangar Batu Malang, Apa Asyiknya?

pemandian air panas cangar batu malang

Pemandian air panas Cangar menawarkan air panas alami bak sauna dalam keasrian kawasan hutan dengan harga tiket yang sangat murah. (Foto: courtesy tahuraradensoerjo for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Pemandian air panas Cangar cocok untuk semua kalangan dan wajib dikunjungi ketika berwisata ke Batu-Malang, Jawa Timur.

Pemandian air panas Cangar menawarkan air panas alami bak sauna dalam keasrian kawasan hutan dengan harga tiket yang sangat murah.

Hingga triwulan tiga 2022, harga tiket masuk wisatawan lokal hanya Rp 11 ribu per orang. Parkir mobil Rp 5.000 dan parkir motor Rp 3.000.

Bandingkan harga pemandian air panas alami di Jepang (sering disebut Onsen atau Sento) yang bisa mencapai 1.000 Yen atau sekitar Rp 105 ribu per orang.

Wisata Alam Cangar merupakan bagian kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Wilayahnya masuk Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Areal ini berada di ketinggian 3.000 meter dari permukaan laut.

Cangar juga menyediakan areal untuk outbound dan camping ground, wisata gua Jepang, konservasi monyet dan lutung Jawa serta kuliner tape ketan yang legit.

Air Panas Mengandung Belerang

Di pemandian air panas Cangar, ada enam kolam air panas alami mengandung belerang. Dari enam kolam itu, satu kolam khusus anak dan satu lagi kolam khusus wanita.

Kolam khusus wanita ini dibuat untuk menjaga privasi wanita tetap terjaga. Tentunya ada penutup di sekelilingnya.

Ada pula kolam khusus dalam bilik untuk berendam yang sengaja didesain seperti tempat sauna di Jepang. Satu bilik hanya dapat dipakai untuk satu orang. Ini cocok bagi yang ingin menikmati air panas alami dengan privasi.

Kandungan belerang pada air panas Cangar telah dikenal sebagai media terapi kulit. Selain itu air hangat belerang juga diyakini melancarkan peredaran darah dan melemaskan otot-otot kaku. Termasuk mengurangi kelelahan. Suhu air antara 25 hingga 39 derajat Celcius.

Gua Jepang

Gua buatan Jepang dibangun sekitar 1942 hingga 1945. Letak gua ini ada di bagian atas pemandian air panas Cangar.

Gua Jepang ini kedalamannya kurang dari 10 meter. Membentuk semacam koridor dengan beberapa lubang yang mengahadap ke jurang.

Bisa Lesehan dan Gelar Tikar

Wisata pemandian air panas Cangar mengizinkan pengunjung menggelar tikar sambil menyantap bekal yang dibawa dari rumah.

Makan bersama keluarga atau orang tercinta sambil menikmati nuansa hutan yang segar dan alami ini adalah sebuah kemewahan tersendiri.

Apalagi setelah berendam air panas, makan bersama dalam balutan hawa sejuk Gunung Welirang adalah sebuah kenikmatan tiada tara.

Bagi sebagian orang, kegembiraan berwisata justru adalah sebuah kebersamaan seperti itu.

Spot Foto

Bagi yang mengendarai sepea motor, jalan raya Batu-Pacet menawarkan banyak spot foto keren. Rata-rata berlatar belakang alam dan kawasan hutan. Beberapa jurang dan jembatan juga menarik dijadikan spot foto.

Spot foto juga banyak di areal pemandian. Termasuk di gua Jepang. Lahan pertanian milik petani yang ada di sepanjang jalan bisa menjadi sebuah tema foto yang ikonik. Penasaran? (#)

John