Longsor, Raya Batu-Karangploso Sementara Tertutup untuk Mobil

longsor raya batu karangploso

Tanah longsor membuat jalan raya Kota Batu-Karangploso, Jawa Timur, ditutup sementara untuk kendaraan roda empat, mulai Sabtu 26 November 2022. Tampak lubang jalan yang amblas (Foto courtesy BPBD Kota Batu for  BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Tanah longsor membuat jalan raya Kota Batu-Karangploso, Jawa Timur, ditutup sementara untuk kendaraan roda empat, mulai Sabtu 26 November 2022.

Longsor terjadi di sebelah timur jembatan Jurang Susuh, yang masuk Desa Tawang Argo, Karangploso, Kabupaten Malang. Lokasi longsor berbatasan dengan gapura masuk Kota Batu, tepatnya di Desa Giripurno.

Jalan beraspal amblas ke bawah hingga memakan hampir separo badan jalan. Karena berisiko, petugas memilih menutup arus lalu lintas kendaraan roda empat.

Namun kendaraan roda dua alias sepeda motor masih diperbolehkan melewati jalan raya menurun itu.

"Tanah longsor di kawasan jembatan Jurang Susuh di perbatasan Kota Batu dengan Kab Malang mengakibatkan amblesnya sebagian jalan. Untuk meminimalisir korban jiwa, untuk sementara jalan penghubung Kota Batu dan Kab Malang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua," demikian pengumuman BPBD Kota Batu, Sabtu 26 November 2022.


Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu dalam keterangannya menjelaskan, hujan terjadi dengan intensitas tinggi.

Aliran air mengakibatkan tanah jenuh air dan amblas. Pohon yang ada di atasnya pun roboh dan mengakibatkan lubang melebar hingga memakan separo badan jalan.

Untuk kendaraan roda empat, dari arah Karangploso atau Kota Malang, bisa melalui jalur utama. Yakni Pendem-Beji-Kota Batu.

Jalur Kota Batu-Karangploso bisa dilintasi kendaraan roda empat atau lebih setelah ada perbaikan nanti. (#)

John