Longsor di Jalur Malang-Kediri dan Malang-Wlingi via Ngantang

longsor di pujon ngantang maret 2023

Hujan deras dua hari terakhir memicu tanah longsor di beberapa ruas jalan wilayah Pujon dan Ngantang, Jawa Timur. Petugas wheel loader dari UPT Bina Marga Provinsi Jatim sedang membersihkan material longsoran di Kedungrejo, Pujon. (Foto: netizen for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Pujon - Hujan deras dua hari terakhir memicu tanah longsor di beberapa ruas jalan wilayah Pujon dan Ngantang, Jawa Timur.

Hingga  Rabu 1 Maret 2023, pihak berwenang dibantu warga setempat menerapkan sistem buka tutup bagi kendaraan yang lewat.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, M Nur Fuad Fauzi mengatakan, ada sedikitnya delapan titik longsor.

Titik longsor itu ada di Desa Kedungrejo, Pujon. Lalu di KKecamatan Ngantang ada di Desa Mulyorejo, Pagersari dan Sidodadi.

Tanah yang longsor itu berasal dari tebing di tepi jalan. Ada pula material longsor yang terbawa air hujan ke arah jalan raya.

"Kedungrejo, Pujon dua titik. Mulyorejo Ngantang empat titik, Pagersari Ngantang satu titik, dan Sidodadi Ngantang satu titik," ungkap Fuad pada Rabu 1 Maret 2023.


Untuk arus lalu lintas kendaraan di jalur Malang-Kediri dan Malang-Wlingi Blitar, dilakukan sistem buka tutup.

BPBD Kabupaten Malang mengerahkan satu unit tangkir air untuk menyemprot lumpur di jalan. Juga dua unit wheel loader dari UPT Bina Marga Provinsi Jatim.

Bila tidak ada longsor susulan, diperkirakan pembersihan material longsor selesai pada Rabu hari ini. (#)

John