Manfaat & Resep Kunyit untuk Kesehatan Tubuh dan Obat (3)

kunyit bubuk original

Banyak manfaat dan resep kunyit untuk kesehatan tubuh dan bahan obat. Misalnya obat gatal-gatal, bisul atau eksim. Ilustrasi kunyit bubuk (Foto: courtesy exportersindia.com for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Masih banyak manfaat dan resep kunyit untuk kesehatan tubuh dan bahan obat. 
 
Dalam edisi ketiga ini, akan banyak dibahas manfaat dan resep kunyit untuk kulit atau keluhan kulit. Misalnya gatal-gatal, bisul atau eksim.

26. Penambah Darah

Ada dua resep untuk membuat ramuan penambah darah berbahan kunyit. Pertama siapkan 1 (satu) rimpang kunyit, 1 (satu) butir telur ayam kampung, dan 1 (satu) sendok madu.

Cara membuatnya: kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya. Kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan diaduk sampai merata.  Setelah ditambah air setengah gelas, ramuan siap diminum secara teratur 3 hari 1 kali.

Resep kedua, siapkan 1 (satu) rimpang kunyit, 1 (satu) sendok madu, 1 (satu) butir jeruk nipis diperas, 1 (satu) butir kuning telur ayam kampung, 1 (satu) sloki anggur, lada bubuk secukupnya.

Cara membuatnya: kunyit diparut lalu diperas dengan sebelumnya air hangat setengah gelas. Kemudian jeruk nipis diperas untuk diambil aimya. Langkah selanjutnya, semua bahan dioplos dan diaduk sampai merata. Lalu diminum 2 kali 1 hari masing-masing setengah gelas.

27. Membersihkan Darah

Siapkan bahan berupa 2 (dua) rimpang kunyit, 2 (dua) tangkai buah asam Jawa yang sudah masak, dan 1 (satu) potong gula aren.

Cara membuat ramuannya, kunyit diparut, dan dicampur bahan lainnya.Kkemudian semuanya direbus hingga mendidih dengan menambah satu liter air. Rebus hingga tinggal setengah liter lalu saring.

Ramuan siap diminum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.


28. Membangkitkan Nafsu Makan

Sediakan 3 (tiga) rimpang kunyit sebesar ibu jari, 1 (satu) sendok makan madu, dan 3 (tiga) buah mata asam Jawa yang sudah masak.

Cara membuatnya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya kurang lebih 3-4 sendok makan. Kemudian dicampur dengan bahan lainnya sampai merata. Setelah disaring, diminum seperti biasa.

29. Eksim

Ada dua resep untuk terapi eksim. Resep pertama, sediakan 1 (satu) rimpang kunyit, 1 (satu) butir jeruk nipis diperas dan seperempat sendok makan kapur sirih.

Cara membuatnya:  kunyit diparut, jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian semua bahan dicampur sampai merata.

Cara menggunakannya dengan dioleskan atau dibobokkan pada bagian yang terserang eksim.

Resep kedua, siapkan 1 (satu) rimpang kunyit dan 1 (satu) rimpang dlingo bangle. Cara membuatnya: kunyit diparut, kemudian dicampur sampai merata dengan dlingo bengle. Cara menggunakannya dengan dioleskan atau dibobokkan pada bagian yang terserang eksim.

30. Bisul

Bahan yang diperlukan adalah 1 (satu) rimpang kunyit, 1 (satu) genggam daun asam Jawa yang masih muda (sinom - Jawa).

Kunyit diparut kemudian dipipis (dihaluskan/dilumatkan dengan batu giling) bersama daun asam Jawa. Lalu campuran tadi dioleskan atau dibobokkan pada bagian yang kena bisul.

31. Borok atau Koreng

Bahan yang perlu disiapkan adalah 1 (satu) rimpang kunyit dan minyak kelapa secukupnya. Caranya: kunyit diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur merata. Lalu campuran itu dibungkus daun pisang dan dipanaskan beberapa saat.

Kemudian campuran itu dioleskan atau dibobokkan pada bagian yang terkena borok.

32. Bengkak karena Disengat Serangga atau Bulu Ulat

Siapkan 3 rimpang kunyit sebesar ibu jari dan seperempat sendok makan kapur sirih. Cara membuatnya: kunyit diparut kemudian dicampur dengan kapur sirih sampai merata. Cara menggunakannya dengan dioleskan pada bagian yang disengat serangga atau terkena bulu ulat.

33. Kurap

Ada dua resep untuk kurap. Resep pertama: sediakan bahan berupa 1 (satu) rimpang kunyit, seperempat sendok kapur sirih dan 1 (satu) butir jeruk nipis.

Cara membuat ramuannya, kunyit diparut, jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian semua bahan
tersebut dicampur sampai merata.

Cara menggunakannya dengan dioleskan pada bagian yang terserang kurap.

Resep kedua: siapkan 1 (satu) rimpang kunyit dan seperempat sendok makan kapur sirih. Kunyit diparut, kemudian kedua bahan tersebut dicampur sampai merata. Cara menggunakannya dengan dioleskan.

34. Gatal-gatal

Siapkan 1 (satu) rimpang kunyit dan 2 (dua) buah kemiri. Kunyit diparut, buah kemiri ditumbuk halus, kemudian kedua bahan tersebut dicampur sampai merata.

Selanjutnya bahan campuran dibungkus daun pisang dan dibakar. Cara menggunakanya dengan dioleskan pada bagian yang gatal-gatal.

35. Menghilangkan Jerawat dan Noda Hitam di Wajah

Sediakan bahan berupa 1 (satu) rimpang kunyit. Cara membuatnya, kunyit diparut. Cara menggunakannya dengan dioleskan pada wajah secara merata sebagai bedak.

36. Menghaluskan Kulit Wajah

Bahan berupa 1 (satu) rimpang kunyit, 1 (satu) sendok makan beras ketan hitam, dan 1 (satu) sendok kayu manis bubuk.

Cara membuatnya adalah, kunyit diparut, beras ketan hitam digoreng tanpa minyak (sangrai = Jawa) lalu ditumbuk halus. Langkah berikutnya semua bahan tersebut dicampur sampai merata.

Cara menggunakannya adalah campuran tersebut digunakan sebagai masker wajah.

37. Menghilangkan Bau Badan

Bahan hanya 1 (satu) rimpang kunyit. Cara membuatnya, kunyit diparut dan diberi 1 (satu) gelas air hangat. Kemudian setelah dingin disaring. Cara menggunakannya diminum 1 kali sehari selama 1 minggu.

Yosi Arbianto