Manfaat & Resep Kunyit untuk Kesehatan Tubuh dan Obat (2)

tanaman kunyit

Masih banyak resep dan manfaat kunyit atau kunir sebagai bahan terapi dan obat-obatan (fitofarmaka). Tampak dalam foto tanaman kunyit. (Foto: courtesy treefromseed.com for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Masih banyak resep dan manfaat kunyit atau kunir sebagai bahan terapi dan obat-obatan (fitofarmaka).

Di bagian dua ini, akan banyak dibahas cara dan resep terapi kunyit untuk keluhan di bagian perut.

12. Berak Lendir

Bahan yang perlu disiapkan adalah 1 (satu) rimpang kunyit, 1 (satu) potong gambir, seperempat sendok makan kapur sirih.

Cara membuatnya, semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 (dua) gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah disaring, air rebusan kunyit dan bahan lain itu diminum 2 (dua) kali sehari, masing-masing setengah gelas pada pagi dan sore.

13. Morbili alias Campak

Untuk terapi dan meringankan gejala, ada dua resep.
Resep pertama: siapkan bahan 1 (satu) rimpang kunyit dan 1 (satu) rimpang dlingo bengle/bangle. Kedua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus. Cara menggunakannya dengan dioleskan pada seluruh badan anak sebagai bedak.

Resep kedua: siapkan 2-3 rimpang kunyit, dan satu tangkai buah asam Jawa yang sudah masak. Cara membuatnya, kunyit diparut dan dicampur dengan asam (buang bijinya sampai merata. Cara menggunakannya dengan dioleskan ke seluruh badan sebagai bedak.

14. Sakit Perut

Siapkan bahan berupa 2 (dua) rimpang kunyit dan garam secukupnya. Kemudian kunyit diparut dan diperas, lalu ditambah garam secukupnya dan diseduh dengan setengah gelas air panas. Ramuan diminum seperti biasa.

15. Perut Mual

Bahan berupa 1 (satu) rimpang kunyit, setangkai buah asam yang sudah masak dan satu potong gula kelapa.

Membuat ramuannya dengan cara kunyit diparut. Kemudian dicampur asam dan gula kelapa lalu direbus dengan 2 (dua) gelas air sampai tinggal segelas. Saring dan diminum biasa.

16. Perut Mulas

Bahan yang disiapkan adalah 1 (satu) rimpang kunyit dan setangkai buah asam yang masak. Cara membuatnya adalah: kunyit diparut lalu diseduh bersama asam dengan 1 (satu) gelas air panas. Setelah didiamkan sebentar lalu disaring dan diminum biasa.

17. Perut Kembung

Siapkan 1 (satu) rimpang kunyit sebesar ibu jari dan 2 (dua) mata buah asam yang sudah masak.

Cara menggunakannya, kunyit dikupas bersih dan dikunyah bersama dengan asam tersebut. Aimya ditelan dan ampasnya dibuang. Selain itu, perut dikompres dengan air panas.

18. Diare

Ada dua resep. Pertama siapkan 1 (satu) rimpang kunyit dan setangkai buah asam Jawa yang telah masak. Kemudian potong kunyit tipis-tipis lalu direbus bersama asam dengan 2 (dua) gelas air sampai tinggal 1 gelas. Setelah disaring, diminum biasa.

Resep kedua, siapkan 1 (satu) rimpang kunyit, 1 (satu) sendok makan madu dan seperempat sendok makan kapur sirih. Parut kunyit untuk diambil aimya. Kemudian bersama bahan yang lain dicampur sampai merata dan disaring. Lalu terapinya dengan diminum biasa.

19. Maag

Siapkan 2 (dua) rimpang kunyit sebesar ibu jari. Lalu cincang kunyit kemudian direbus dengan satu setengah gelas air hingga tinggal 1 (satu) gelas. Setelah disaring, minum 2 hari sekali.

20. Sembelit

Bahan yang harus disediakan adalah 1 (satu) rimpang kunyit dan biji sawi secukupnya. Kunyit diparut lalu diseduh dengan air panas bersama biji sawi dalam satu gelas. Setelah disaring, bisa diminum seperti biasa.

21. Sukar Buang Air Besar

Bahan-bahannya adalah 2 (dua) rimpang kunyit, 1 (satu) potong gula aren dan setangkai buah asam Jawa yang sudah masak.

Cara membuat ramuannya, kunyit dihaluskan. Kemudian bersama bahan yang lain direbus dengan 2 (dua) gelas air sampai tinggal 1 (satu) gelas. Saring lalu diminum biasa.

22. Sakit Kepala

Untuk mengatasi sakit kepala, caranya cukup mudah. Ambil 1 (satu) rimpang kunyit sebesar ibu jari. Lalu kunyit dikupas bersih dan langsung dikunyah. Airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

23. Sariawan

Untuk mengatasi sariawan, ambil 1 (satu) rimpang kunyit, 1 (satu) butir jeruk nipis dan 1 (satu) butir telur ayam kampung.

Cara membuatnya, kunyit diparut dan diperas diambil aimya. Jeruk nipis diperas diambil aimya. Kemudian keduanya dicampur dengan telur dan diaduk. Lalu diminum.

24. Mabuk Kendaraan

Siapkan sehari sebelumnya sebelum perjalanan jauh. Ambil 1 (satu) rimpang kunyit, setangkai buah asam yang sudah masak dan sepotong gula kelapa.

Langkahnya, kunyit diparut, dicampur dengan bahan lainnya, kemudian direbus dengan 2 (dua) gelas air sampai tinggal 1 (satu) gelas. Saring terlebih dahulu baru diminum menjelang tidur.

25. Sakit Gigi Berlubang

Untuk mengatasi gigi berlubang, ambil 1 (satu ) potong rimpang kunyit sebesar lubang gigi. Kunyit dikupas bersih dan diberi minyak kayu putih. Kemudian masukkan ke dalam lubang gigi tersebut. (bersambung)

Yosi Arbianto