Manfaat & Resep Kunyit untuk Kesehatan Tubuh dan Obat (1)

manfaat kunyit

Kunyit atau kunir (Curcuma domestica) adalah rimpang tumbuhan serbaguna untuk memasak, bahan obat-obatan (fitofarmaka) dan menjaga kesehatan. (Foto: courtesy amazon for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Kunyit atau kunir adalah rimpang serbaguna yang berguna untuk memasak dan bahan obat-obatan (fitofarmaka). Sedikitnya ada 35 manfaat kunyit untuk kesehatan dan pengobatan.

Kunyit sangat mudah dikenali karena rata-rata warna daging umbinya kuning. Nama botaninya adalah Curcuma domestica, Vhal. (Latin) dari famili Zingiberaceae. Konon kunyit berasal dari India.
.
Dalam Bahasa Inggris disebut Turmeric, Kurkuma (Belanda) dan Kunyit (Indonesia). Di daerah Indonesia, kunyit terkenal dengan nama Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konyet (Madura).

Dikutip dari Thomas ANS dalam Tanaman Obat Tradisional 1 (2006), kunyit adalah tanaman terna (tumbuhan tidak berkayu) tahunan.

Hampir di seluruh Pulau Jawa, kunyit tumbuh dan berkembang secara liar maupun dibudidayakan.  

Kunyit merupakan tumbuhan daerah subtropis sampai tropis dan tumbuh subur di dataran lebih kurang 90 meter sampai ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut.

Kunyit mempunyai batang pohon semu dan basah. Daunnya mirip dengan tumbuh-tumbuhan jenis pisang-pisangan.

Pelepah-pelepah daun kunyit yang dominan berwarna hijau membentuk batang dengan helaian daun berbentuk bulat telur.


Rimpangnya memiliki banyak cabang dengan kulit luarnya berwama jingga kecoklatan. Buah daging rimpang kunyit berwama merah jingga kekuning-kuningan.

Di Indonesia rimpang kunyit banyak dipergunakan untuk bumbu masak. Di Eropa, kunyit dipakai sebagai bahan baku kosmetika atau pewama makanan.

Tinggi tumbuhan kunyit mampu mencapai satu meter dan bunganya muncul dari pucuk batang semu dengan panjang sekitar 10-15 centimeter dan berwama putih.

Komposisi Kimia

Kunyit merupakan jenis temu-temuan yang mengandung senyawa kimia berkeaktifan fisiologi yaitu minyak atsiri dan kurkuminoid.

Minyak atsiri tersebut mengandung senyawa-senyawa kimia seskuiterpen alkohol, turmeron dan zingiberen.

Sedangkan kurkuminoid mengandung senyawa kurkumin dan turunnya berwarna kuning yang meliputi desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.

Di samping itu rimpang kunyit juga mengandung pati atau amilum, gom dan getah. Sedang yang memberikan aroma harum dan rasa khas pada umbinya adalah minyak atsiri.

Kunyit untuk Terapi Kesehatan dan Pengobatan

1. Terapi Diabetes Mellitus

Bahan yang disiapkan yakni 3 (tiga) rimpang kunyit dan setengah sendok teh garam. Cara membuat ramuan terapi diabetes mellitus yaitu: kedua bahan tersebut direbus dengan 1 (satu) liter air sampai mendidih, kemudian disaring.

Hasil saringan diminum 2 (dua) kali seminggu. Sekali minum  cukup setengah gelas.

2. Tifus

Bahan yang perlu disiapkan adalah: 2 (dua) rimpang kunyit, 1 (satu) bonggol sere, dan 1 (satu) lembar daun sambilata.

Semua bahan tersebut ditumbuk halus atau dipipis (dihaluskan/dilumatkan dengan batu giling).  Kemudian ditambah 1 (satu) gelas air matang yang masih hangat dan disaring.

Untuk terapinya dengan meminum air yang telah disaring setiap hari selama satu minggu berturut-turut.

3. Usus Buntu

Siapkan bahan berupa: 1 (satu) rimpang kunyit, 1 (satu) butir buah jeruk nipis, 1 (satu) potong gula kelapa/aren, garam secukupnya.

Cara membuatnya, kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan diseduh dengan segelas gelas air panas, kemudian disaring.

Air yang sudah disaring diminum setiap pagi setelah makan, secara teratur.

4. Disentri

Bahan yang perlu disiapkan adalah 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya.

Semua bahan tersebut direbus dengan 2 (dua) gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 (satu) gelas, kemudian disaring. Ramuan diminum dan diulangi sampai sembuh.

5. Keputihan

Untuk terapi keputihan, siapkan bahan: 2 (dua) rimpang kunyit, 1 (satu) genggam daun beluntas, 1 (satu) gagang buah asam, 1 (satu) potong gula kelapa atau gula aren.

Semua bahan tersebut direbus dengan 1 (satu) liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Air yang telah disaring diminum satu gelas per hari.

6. Haid Tidak Lancar

Ada dua resep. Pertama bahan yang diperlukan berupa 2 (dua) rimpang kunyit, setengah sendok teh ketumbar, setengah sendok teh biji pala, setengah genggam daun srigading.

Semua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian direbus dengan 1 (satu) liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakannya, air yang sudah disaring diminum 1 (satu) gelas per hari.


Resep kedua, siapkan bahan berupa 2 (dua) rimpang kunyit, ketumbar secukupnya, jintan hitam dan pula secukupnya. Lalu 2 (dua) biji cengkih, 4 (empat) biji kapulaga dan 3 (tiga)lembar daun srigading.

Semua bahan tersebut dicuci bersih dan ditumbuk sampai halus. Kemudian diseduh dengan segelas air panas lalu disaring. Cara menggunakannya adalah diminum 3 (tiga) kali sehari menjelang datang bulan.

7. Perut Mulas Saat Haid

Siapkan bahan berupa 1 (satu) rimpang kunyit sebesar ibu jari, 1 (satu) rimpang jahe sebesar ibu jari, setengah rimpang kencur sebesar ibu jari.

Cara membuat ramuannya, semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya. Kemudian ditambah dengan perasan jeruk nipis, lalu diseduh dengan setengah gelas air panas lalu disaring.

Cara menggunakan, sebelum dikonsumsi ditambah garam dan gula secukupnya dan diminum pada hari pertama haid.

8. Memperlancar ASI

Ada dua cara untuk membuat ramuan guna memperlancar ASI (air susu ibu).

Pertama, bahannya cuma 1 (satu) rimpang kunyit. Cara membuatnya, kunyit ditumbuk sampai halus. Cara menggunakannya, kunyit yang sudah halus dioleskan sebagai kompres di seputar buah dada dua hari sekali.

Cara kedua, siapkan bahan 1 (satu) rimpang kunyit dan 1 (satu) potong gula kelapa. Cara membuatnya, kunyit dihaluskan, kemudian direbus bersama gula plus 2 (dua) gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 (satu) gelas. Setelah disaring, diminum seperti biasa.

9. Memperlancar Kelahiran Bayi

Bahan yang perlu disiapkan adalah 1 (satu) rimpang kunyit, 1 sendok teh minyak kelapa murni. Cara membuatnya adalah, kunyit diparut, lalu ditambah setengah gelas air hangat, kemudian diperas dan disaring.

Cara mengonsumsinya, air kunyit itu ditambah dahulu dengan 1 (satu) sendok teh minyak kelapa asli, diaduk lalu diminum. Lakukan sekali seminggu secara berturut-turut selama empat (4) minggu setelah kandungan berusia 7 bulan.

10. Cangkrang (waterproken)

Siapkan bahan berupa 2 (dua) rimpang kunyit, 1 (satu) genggam daun enceng-enceng dan adas pulasari secukupnya.

Cara membuat ramuannya, semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus. Cara menggunakannya, bahan tadi dioleskan pada bagian yang terkena cangkrang.

11. Amandel

Siapkan bahan 2 (dua) rimpang kunyit, 1 (satu) butir jeruk nipis dan 2 (dua) sendok madu.

Cara membuatnya, kunyit diparut, jeruk diperas untuk diambil aimya, kemudian dicampur dengan madu dan setengah gelas air hangat, diaduk sampai merata lalu disaring.

Untuk terapinya, diminum secara rutin 2 hari sekali. (bersambung)

Yosi Arbianto
 
Baca pula: