12 Khasiat & Manfaat Kencur, Obat Mata Pegal hingga Batuk-Flu

rimpang kencur

Kencur bermanfaat untuk obat batuk, obat diare, obat radang lambung, pelangsing, penghilang lelah hingga obat mata pegal. (Foto: courtesy ecplaza net for BATUKITA.com)

BATUKITA.COM-Kota Batu - Beragam bahan obat tradisional bisa didapatkan di dapur kita. Salah satunya adalah kencur yang bermanfaat untuk obat batuk, obat diare, obat radang lambung hingga obat mata pegal.

Lebih dahulu ada baiknya kita mengenal tanaman yang menghasilkan rimpang kencur dengan rasa khas ini.

Nama botani kencur adalah Kaempferia galanga, Linn. Nama lokal antara lain kencur (Indonesia), kencur (Jawa), cikur (Sunda), ceuko (Aceh), kencor (Madura).

Nama Cekuh (Bali), asauli, sauleh, soul, umpa (Ambon). Di Minahasa disebut kencur, sukung. Lalu dinamai cekir (Sumba). Familia atau suku tumbuhan kencur adalah Zingiberaceae.

Dikutip dari Thomas ANS dalam Tanaman Obat Tradisional 1 (2006), asal tumbuhan kencur dari India.

Kencur digolongkan tanaman jenis empon-empon yang mempunyai daging buah paling lunak dan tidak berserat.

Kencur merupakan terna (tumbuhan tidak berkayu) kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air.

Rimpang kencur mempunyai aroma yang spesifik. Daging rimpang kencur berwarna putih dan kulit luarnya berwarna coklat.

Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2 - 3 lembar dengan susunan berhadapan. Bunganya tersusun setengah duduk dengan mahkota bunga berjumlah antara 4 sampai 12 buah, bibir bunga berwarna lembayung dengan warna putih lebih dominan.

Kencur tumbuh dan berkembang baik pada musim basah, atau pada musim penghujan.

tanaman kencur

Daun dan bunga tanaman kencur (Foto: courtesy nparks for BATUKITA.com)

Kencur dapat ditanam dalam pot atau di kebun yang cukup sinar matahari, tidak terlalu basah dan di tempat terbuka.

Komposisi kandungan kimia daun kencur dan rimpang kencur mengandung minyak atsiri. Selain itu rimpang kencur juga mengandung senyawa kimia, di antaranya kamfer, bomeol, sineol dan etil alchohol.

Manfaat Kencur untuk Pengobatan

1. Radang Lambung

Siapkan dua (2) rimpang kencur sebesar ibu jari. Kencur dikuliti sampai bersih. Cara pengobatannya dengan dikunyah-kunyah langsung, ditelan airnya dan setelah tidak berasa, ampasnya dibuang.

Setelah itu, minum satu gelas air putih. Begitu terus diulang setiap hari sampai sembuh.

2. Influenza pada Bayi

Bahannya siapkan satu (1) rimpang kencur sebesar ibu jari dan dua (2) lembar daun kemukus.

Lalu kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian ditambah satu-dua sendok air hangat. Selanjutnya larutan dioleskan/dibobokkan di seputar hidung bayi.

3. Mencegah Masuk Angin

Siapkan 1 (satu) rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Langkah-langkahnya, kencur dikuliti bersih. Lalu kencur langsung dimakan dengan dicocol garam secukupnya. Setelah itu minum 1 (satu) gelas air putih.

Resep tradisional ini dapat dilakukan dua kali sehari.

4. Sakit Kepala

Siapkan 2-4 lembar daun kencur. Kemudian daun kencur ditumbuk sampai halus. Selanjutnya pasta daun kencur itu dioleskan (sebagai kompres/pilis) pada dahi.

5. Obat Batuk

Sediakan 2 (dua) rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Cara membuatnya : kencur diparut, kemudian ditambah setengah cangkir air hangat, diperas dan disaring.

Selanjutnya air perasan tadi diminum dengan ditambah garam secukupnya.

Cara kedua, siapkan 1 (satu) rimpang kencur sebesar ibu jari, dikuliti dan dicuci hingga bersih. Lalu kencur langsung dikunyah, airnya ditelan, ampasnya dibuang.

Dilakukan setiap pagi hari secara rutin.

6. Diare

Bahannya 2 (dua) rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. Cara membuatnya: kencur diparut, kemudian ditambah garam secukupnya

Lalu parutan kencur plus garam itu dioleskan pada perut seperti bedak.

Cara kedua, siapkan 2 (dua) rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 (dua) siung bawang merah.

Kemudian kedua bahan tersebut ditumbuk halus, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar beberapa saat.

Lalu bungkusan dibuka dan bahan tadi dioleskan pada perut sebagai bedak.

7. Menghilangkan Darah Kotor

Siapkan 4 (empat) rimpang kencur sebesar ibu jari, 2 (dua) biji cengkih (cengkeh) kering, 2 (dua) lembar daun trengguli dan adas pulawaras secukupnya.

Cara membuatnya, semua bahan tersebut direbus bersama dengan satu liter air sampai mendidih. Kemudian air rebusan disaring dan diminum dua kali sehari secara teratur.

8. Memperlancar Haid

Sediakan 2 (dua) rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 (satu) lembar daun trengguli, 1 (satu) biji buah cengkih tua, dan adas pulawaras secukupnya.

Cara membuatnya: kencur dicincang, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan direbus bersama dengan tiga gelas air sampai mendidih hingga tinggal dua gelas, kemudian disaring.

Cara menggunakannya dengan diminum dua kali sehari dua cangkir.

9. Mata Pegal

Sediakan 1 (satu) potong rimpang kencur, cuci dan bersihkan. Lalu kencur dibelah menjadi dua bagian.

Cara menggunakannya, permukaan yang masih basah dipakai untuk menggosok pelupuk mata dalam keadaan mata terpejam.

10. Keseleo

Ambil 1 (satu) rimpang kencur dan 1 genggam beras yang sudah direndam air. Kedua bahan tersebut lalu dihaluskan dan diberi air secukupnya.

Kemudian pasta tadi dioleskan/digosokkan pada bagian yang keseleo sebagai bedak.

11. Menghilangkan Lelah

Siapkan 1 (satu) rimpang besar kencur, 2 (dua) sendok beras yang digoreng tanpa minyak (sangrai) dan 1 (satu) biji cabai merah.

Semua bahan tersebut direbus bersama dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, kemudian disaring.

Air saringan diminum sekaligus dan diulangi sampai sembuh. Khusus untuk pria dapat ditambah 1 (satu) potong lengkuas dan tepung lada secukupnya.

12. Melangsingkan Tubuh

Siapkan 1 (satu) rimpang kencur yang telah dibersihkan dan dikuliti, 1 (satu) sendok tepung beras basah, 1 (satu) potong gula kelapa/aren.

Semua bahan tersebut diseduh dengan 1 (satu) gelas air panas, diamkan lalu disaring. Air saringan diminum dan diulangi secara teratur 3 hari sekali.

itulah beberapa resep tradisional berbahan baku kencur yang mudah didapatkan. Selamat mencoba! (bersambung)

Yosi Arbianto